Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menilai seni budaya berkaitan erat dengan etika dan moral tapi kurang mendapat perhatian dibandingkan dengan politik dan ekonomi.

"Bicara kemaslahatan umat bukan hanya pada bidang politik, ekonomi, dan keagamaan saja, tapi juga seni dan budaya sebagai aset nasional kekayaan bangsa," kata Bambang Soesatyo saat menerima pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), di ruang kerjanya di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Menurut Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, seni budaya memiliki pengaruh besar dalam kehidupan kebangsaan, karena dapat merekatkan perbedaan dalam keragaman bangsa serta mampu menghaluskan kerasnya hati dan menumpulkan tajamnya persaingan.

Seni budaya, kata dia, berasal dari kreativitas manusia yang tanpa batas, sehingga kreativitas tersebut perlu digali potensinya dan diberikan apresiasi kepada para pelaku seni budaya di Indonesia.

Karena itu, Bamsoet mendukung langkah ICMI untuk menyelenggarakan pameran lukisan "Wajah Seni Lukis Islami Indonesia ke-5" yang rencananya akan diselenggarakan pada 9 Juli 2018.

Menurut dia, DPR RI siap bekerja sama memberikan fasilitas ruangan dan hal lain yang diperlukan.

"Dukungan ini merupakan wujud keseriusan DPR RI untuk menggairahkan dunia seni lukis, sekaligus memberikan ruang berkreasi bagi para pelukis di Indonesia," katanya.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, dari penjelasan pengurus ICMI bahwa lukisan yang akan dipamerkan tidak sekadar kaligrafi tapi juga lukisan lainnya yang bernuansa islami.

"Bagi saya pribadi, setiap karya lukis yang dapat mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta, bisa masuk dalam kategori seni Islami," terang Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini juga meminta, dalam pameran tersebut juga menampilkan karya seni lukis dari berbagai kantong kebudayaan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

DPR RI, kata dia, juga memberikan ruang kreasi kepada para seniman lukis dari luar Jawa, sekaligus merangsang kegiatan seni dan budaya di berbagai daerah.

"Ditampilkannya lukisan-lukisan dari pelukis dari berbagai daerah dengan corak dan keberagamannya, akan menyadarkan bahwa sesungguhnya Indonesia memiliki banyak sumber daya manusia yang kreatif," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018