Terminal bus Purwokerto siap melayani pemudik lebaran

Terminal bus Purwokerto siap melayani pemudik lebaran

Terminal Purwokerto, Banyumas, Jateng. (ANTARA/Idhad akaria)

Purwokerto (ANTARA News) - Terminal Tipe A Bulupitu, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, siap melayani pemudik pada masa libur Lebaran 2018, kata Kepala Terminal Bulupitu Hadi Suharto.

"Pada prinsipnya kami sudah siap. Kebetulan hari ini akan dirapatkan di Semarang terkait dengan persiapan angkutan lebaran," katanya di Purwokerto, Senin.

Menurut dia, pihaknya telah menyiapkan puluhan armada antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP) untuk melayani pemudik.

Selain itu, kata dia, sejumlah bus pariwisata juga akan disiapkan sebagai cadangan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang.

"Berdasarkan pengalaman arus balik tahun kemarin, jumlah bus AKAP (tujuan Jakarta) yang diberangkatkan dari Terminal Bulupitu mencapai 40 unit per hari di samping bus cadangan dan sebagainya," kata Hadi.

Lebih lanjut, dia mengatakan seluruh armada di terminal bus yang dikelola Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan itu secara rutin menjalani pemeriksaan fisik dan surat-surat setiap hari sebelum diberangkatkan ke kota tujuan.

Menurut dia, pemeriksaan tersebut ditujukan untuk mengetahui kelengkapan surat-surat kendaraan serta kelaikan armada demi keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Pemeriksaan fisik dan surat-surat kendaraan akan ditingkatkan pada masa angkutan lebaran," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya telah meminta kepada seluruh operator angkutan untuk menyiapkan armada yang baik dan laik jalan.
Pewarta : Sumarwoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018