Semarang (ANTARA News) - Yayasan Raja Sakti At-Thomim Sunan Kalijaga yang dibentuk bangsawan keturunan raja dari Malaysia berencana menyumbangkan 22 ekor sapi kurban untuk masyarakat di Provinsi Jawa Tengah.

"Empat ekor sapi kurban akan kami serahkan kepada Gubernur Jawa Tengah, sedangkan 18 ekor sapi akan diserahkan kepada masyarakat di Kadilangu, Kabupaten Demak," kata Putra sekaligus Perwakilan Raja Kesultanan Raja Sakti At-Thomim Sunan Kalijaga Malaysia Yang Mulia Datu Tuan Raja Azhar Bin Yang Mulia Datu Tuan Raja Wahab, Mohamad Sahrulnizam Bin Mat Rashid, di Semarang, Jumat.

Penyerahan secara simbolis empat sapi kurban kepada Gubernur Jateng akan dilakukan pada 19 Agustus 2018 di Kota Semarang, sedangkan penyembelihan 18 ekor sapi kurban akan dilakukan di pelataran makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Kabupaten Demak pada 25 Agustus 2018.

Kegiatan di Kabupaten Demak tersebut rencananya akan dihadiri langsung oleh Yang Mulia Datu Tuan Raja Azhar Bin Yang Mulia Datu Raja Wahab.

Menurut Sahrulnizam, penyerahan puluhan ekor sapi kurban tersebut dalam rangka bakti sosial dari Yayasan Raja Saktu At-Thomim Sunan Kalijaga sekaligus memperingati Hari Raya Idul Adha dan menyambung silaturahim saudara satu rumpun.

"Tidak bukan tidak lain, kita kesini untuk merintis silaturahim negeri-negeri yang ada di Malaysia dan yang ada disini," ujarnya usai bersilaturahim dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di rumah dinas gubernur.

Kegiatan serupa juga sudah dilakukan di wilayah Gowa, Tidore dan Aceh, sedangkan untuk tahun ini dipilih Kabupaten Demak.

Sahrulnizam menjelaskan bahwa Kabupaten Demak dipilih karena masih ada hubungan kekerabatan kesultanan sehingga dengan jalinan kekerabatan yang dimiliki, pihaknya merasa perlu adanya rasa saling berbagi.

"Kami juga akan menyantuni anak yatim dan orang tidak mampu pada kegiatan di Kabupaten Demak mendatang," katanya.

Pada kunjungan silaturahim dengan Gubernur Jateng tersebut juga dihadiri adik Sahrulnizam yang menjabat sebagai Pengelola Yayasan Raja Sakti At-Thomim Sunan Kalijaga Malaysia di Indonesia, Raja Mohamad Amin.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut gembira dan berterima kasih atas sumbangan hewan kurban dari Yayasan Raja Sakti At-Thomim Sunan Kalijaga untuk masyarakat Jateng.

Secara khusus, Ganjar menitipkan salam dan ucapan terima kasih kepada Raja Sakti At-Thomim Yang Mulai Datu Tuan Raja Azhar Bin Yang Mulia Datu Tuan Raja Wahab.

"Tolong sampaikan rasa terima kasih saya, kepada Ayahanda, titip salam kepada beliau. Saya merasa terhormat mendapat kunjungan ini," ujar Ganjar.

Terkait dengan sumbangan sapi kurban tersebut, Ganjar berencana akan menyalurkannya ke beberapa daerah, salah satunya di salah satu desa miskin di Kabupaten Demak yang sering dilanda rob atau limpasan air laut. (KR-WSN).

Baca juga: Jokowi sumbang sapi kurban 800 kilogram untuk Sultra

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018