Bendera Merah Putih dibentangkan sepanjang jalan Cadas Pangeran

Bendera Merah Putih dibentangkan sepanjang jalan Cadas Pangeran

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/ws)

Bandung (ANTARA News) - Bendera merah putih berukuran panjang 3.000 meter dan lebar 1,20 meter dibentangkan di sepanjang Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat, untuk menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus mengenang jasa para pahlawan.

Bendera merah putih itu dibentangkan oleh jajaran Kepolisian Resor Sumedang, anggota TNI Kodim 0610 dan perwakilan dari pemerintah kabupaten.

Kepala Kepolisian Resor Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, aksi cinta terhadap bangsa dan negara itu melibatkan banyak orang yang bersama-sama membentangkan bendera merah putih tersebut.

"Pembentangan bendera merah putih sepanjang 3.000 meter ini melibatkan sedikitnya 700 personel," katanya.

Komandan Kodim 0610 Sumedang Letkol Arm I Made Mertha Yasa menambahkan, kegiatan tersebut merupakan wujud sinergi antara TNI dengan Polri dan semua elemen.

"Ini sebagai wujud sinergi TNI/Polri, dan Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam menyambut peringatan HUT RI," katanya.

Ia menyampaikan, pembentangan bendera merah putih itu dalam rangka bersyukur sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan tersebut merupakan bagian dari renungan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

"Kegiatan ini sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan Sumedang yang pada saat penjajahan Belanda harus kerja paksa membuka jalan sepanjang Cadas Pangeran," katanya.

Ia berharap masyarakat yang melewati Jalan Cadas Pangeran dapat mengingat dan merenung atas jasa-jasa besar para pahlawan Sumedang yang telah berjuang untuk bangsa Indonesia.

"Kita sebagai generasi penerus para pahlawan mengucapkan terima kasih kepada para pahlawan, dan Jalan Cadas Pangeran ini merupakan bukti sejarah perjuangan rakyat Sumedang," katanya. 
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018