Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo akan mensyukuri berapa pun nomor yang didapat dalam pengundian nomor urut pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) nanti malam.

"Dapat nomor satu alhamdulillah, dapat nomor dua alhamdulillah. Pokoknya nomor berapa pun kita syukuri karena menurut saya yang paling penting bukan nomornya, paling penting kepercayaan rakyat yang harus kita jaga," kata Presiden Joko Widodo di Rumah Makan Mbah Jingkrak, Setiabudi, Jakarta pada Jumat.

Pada hari ini Presiden Joko Widodo mendadak mengajak wartawan yang biasa bertugas di Istana Kepresidenan untuk makan siang bersama di rumah makan yang menyediakan makanan Indonesia itu.

Sedangkan nanti malam KPU akan melaksanakan proses pengundian nomor urut capes-cawapres mulai pukul 20.00 WIB.

"Iya nanti (berangkat bersama Kyai Ma'ruf), berangkatnya nanti dari Tugu Proklamasi," tambah Presiden.

Ia pun mengaku tidak menyiapkan pakaian khusus untuk pengambilan nomor urut tersebut.

"Ya pakaianlah," ungkap Presiden.

Proses pengundian nomor urut ini diawali dengan pengambilan nomor gilir. Pasangan yang mendapatkan nomor gilir lebih kecil, diberikan kesempatan mengambil nomor urut lebih dulu. 

Namun untuk membuka nomor urut itu akan dilakukan kedua pasangan kandidat secara bersamaan. 

Setelah pengambilan nomor urut, dua pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2019 yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno akan memulai masa kampanye pemilu sejak 23 September 2018 sampai 13 April 2019.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018