Kecamatan Tembilahan Hulu bahkan pernah dianugerahi predikat sebagai juara umum abadi karena mampu menyandang juara umum hingga tiga kali berturut-turut
Fazar Muhardi dan Adriah Akil

Tembilahan, Riau (ANTARA News) - Kecamatan Tembilahan Hulu ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-49 tingkat Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2019,.

Camat Tembilahan Hulu, M Nazar mengaku siap untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pada tahun 2019 nanti.

"Saya merasa senang, karena apa yg menjadi harapan masyarakat Tembilahan Hulu ahirnya dikabulkan Bupati, agak sulit bagi saya berbicara setelah mendengar keputusan ini," kata M Nazar di Tembilahan, Minggu.

Ia mengakui bukan suatu hal yang mengejutkan jika akhirnya Kecamatan Tembilahan Hulu mendapatkan amanah untuk menyelenggarakan MTQ ke-49 Kabupaten Indragiri Hilir  tahun 2019.

Menurut dia, selain berhasil menyabet gelar sebagai juara umum pada MTQ sebelumnya di Teluk Pinang
Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), menurut catatan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Indragiri Hilir, Kecamatan Tembilahan Hulu bahkan pernah dianugerahi predikat sebagai juara umum abadi karena mampu menyandang juara umum hingga tiga kali berturut-turut.

"Dari awal memang kita telah 'concern' dan merencanakan bagaimana agar Tembilahan Hulu dapat giliran menjadi tuan rumah MTQ Kabupaten Indragiri Hilir," katanya.

Sejak Kepempinan Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan, Kecamatan Tembilahan Hulu banyak mengalami kemajuan yang cukup signifikan, baik itu pembangunan fisik maupun pembangunan sosial dan keagamaan.

"Alhamdulillah, hasil kerja keras kita tidak sia-sia. Kami bersyukur karena bupati telah memberi keputusan yang memang diharapkan masyarakat, yakni menjadikan Tembilahan Hulu sebagai tuan rumah MTQ tahun 2019," katanya.
 

Keputusan bupati tersebut, diakui M Nazar merupakan titik awal dari keseluruhan kerja yang akan dilakukan dalam penyelenggaraan MTQ. Menurutnya, masih banyak hal yang harus dipersiapkan oleh Pemerintah Kecamatan Tembilahan Hulu bersama-sama segenap warga.

"Ya, saya mengharapkan adanya sinergi dari berbagai pihak, terutama Forkopimcam, LPTQ, kelurahan dan desa serta segenap komponen dan warga masyarakat untuk bersama sama menyukseskan pergelaran bergengsi keagamaan MTQ ke-49 di Tembilahan Hulu tahun depan," katanya.

Perwakilan LPTQ Kabupaten Indragiri Hilir, Faisal Shadiq mengatakan, dengan telah ditetapkannya Kecamatan Tembilahan Hulu sebagai tuan rumah, maka pihak Pemerintah Kecamatan Tembilahan Hulu beserta segenap masyarakat harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya.

"Harus segera menentukan lokasi penyelenggaraan MTQ dan membentuk panitia lokal. Ya, tentu kita berharap putra dan putri terbaik Tembilahan Hulu bisa mengisi posisi panitia tersebut," ujar Faisal Shadiq.

Baca juga: Pekanbaru juara umum MTQ tingkat Provinsi Riau
Baca juga: Seorang calhaj Inhil meninggal di tanah suci

Pewarta: Fazar Muhardi dan Adriah Akil
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018