Bandung (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, meminta pemerintah Kota Bandung segera melantik sekretaris daerah definitif hingga saat ini masih kosong usai ditinggal Yossi Irianto.

"Saya kira siapa pun wali kota, khan kemarin masih Wali Kota Ridwan Kamil yang memilih, saya kira lantik dulu. Setelah itu mau mengajukan pergantian silakan," ujar dia, di Bandung, Selasa.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial, tetap enggan melantik Benny Bachtiar yang sebelumnya dipilih Ridwan Kamil saat masih memimpin Kota Bandung.

Oded mengajukan Ema Sumarna menggantikan Benny Bachtiar karena berbagai alasan, salah satunya permintaan dari aparatur sipil negara di lingkungan Pemkot Bandung.

Menanggapi hal tersebut, Kumolo mengakui sekretaris daerah merupakan tangan kanan gubernur/wali kota/bupati, sehingga perlu ada kesamaan visi misi pembangunan di antara mereka.

Akan tetapi, menurut Mendagri, Oded harus mengikuti aturan terlebih dahulu yakni dengan melantik sekda yang sudah disetujui oleh Kemendagri. Setelah itu, apabila kinerjanya tidak sesuai yang diharapkan maka bisa mengajukan penggantian.

"Aturan diikuti, dia (Oded) sudah ketemu saya kok," kata dia.

Ia enggan menjelaskan lebih lanjut apabila Oded tidak melantik Benny Bachtiar dan tetap menginginkan Emma Sumarna sebagai Sekda. "Saya kira lihat dulu nanti," kata Kumolo.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018