Padang, Sumatera Barat (ANTARA News) - Jalur jalan dari Padang menuju Kabupaten Solok terputus akibat tanah longsor di Sitinjau Lauik, Padang, pada Kamis (13/12) sekitar pukul 22.30 WIB menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Pada 23.30 WIB kami menerima informasi bahwa ada longsor, kemudian langsung menuju ke lokasi," kata Humas BPBD Padang Rifqi Ikhsan Pratama di lokasi kejadian pada Kamis (13/12) malam.

Longsoran tanah menutupi badan jalan selebar 30 meter dengan tinggi material longsoran antara dua hingga tiga meter. Di antara runtuhan tebing yang menutupi jalan ada batang pohon yang tumbang dan terseret longsor.

Hingga Jumat sekitar pukul 01.30 WIB material longsor belum bisa disingkirkan dari badan jalan di kawasan tersebut. Kemacetan panjang lalu lintas kendaraan di jalan yang berada di lereng bukit tersebut menyulitkan pengiriman alat berat menuju titik longsor.

"Alat berat milik pemerintah provinsi serta PT Semen Padang sudah jalan, tapi kendalanya jalan macet," kata Rifqi.

Kemacetan panjang lalu lintas kendaraan terjadi di jalur kendaraan yang hendak menuju Solok ataupun ke Padang.

Apri Soni, yang mengendarai sepeda motor dari Padang menuju Solok, mengaku sudah terjebak kemacetan lalu lintas di lokasi itu sejak sekitar pukul 23.45 WIB.

"Saya habis menjemput adik dari Padang, tapi sampai di lokasi sudah ada longsor, terpaksa harus menunggu sampai jalan bisa dilewati kembali," kata dia.

Baca juga: Akses jalan Padang-Jambi terputus akibat longsor
Baca juga: 3 lokasi longsor tutup jalan Padang Pariaman-Agam

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018