Surabaya (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Jawa Timur melakukan gelar perkara atas kasus prostitusi daring artis yang mereka ungkap untuk memastikan konstruksi hukumnya.

"Poliksi melakukan gelar untuk memastikan konstruksi hukumnya dalam rangka menetapkan Pasal 45?juncto Pasal 27 Ayat (1) UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) karena yang dibidik prostitusi daringnya," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, di Surabaya, Selasa.

Ia mengatakan, pasal 45 juncto pasal 27 Ayat (1) UU ITE juga akan dikombinasikan dengan pasal 296 dan pasal 506 KUHP agar dapat diterima.

Untuk itu, dia meminta semua pihak untuk bersabar terkait dengan perkembangan pengungkapan kasus prostitusi daring yang melibatkan artis Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila itu karena Polda Jawa Timur baru tiga hari melakukan pembuktian formil maupun materiil.

"Perkembangan ini membutuhkan kerja ekstra karena menyangkut tidak adanya teritori. Pelaku bisa dari Jakarta Selatan, dia menstarimisikan di mana saja dan diakses oleh siapa saja, seperti gambar porno, gambar asusila, yang tidak sesuai dengan norma di Indonesia," ujarnya.

Mengenai keterangan pers pengacara Vanessa yang membantah kliennya terlibat prostitusi daring, Barung menegaskan bahwa penanganan kasus ini polisi bukannya sengaja untuk membuka aib seseorang, melainkan murni ingin mengungkap kasus prostitusi daring yang ada di wilayahnya.

"Yang jelas bukan sengaja membuka aib seseorang. Kebetulan saja prostitusi itu adalah artis," katanya.

Terkait dengan pemanggilan 45 artis dan seratusan model yang diduga terlibat prostitusi daring artis yang dikendalikan dua muncikari ES dan TN, ia katakan, mereka lakukan itu secara perlahan-lahan.

"Memang data itu terdukung secara autentik bahwa tidak hanya mengeluarkan data 45 atau 100, tetapi didukung autentikasi. `Step by step` akan ada pemanggilan," ujarnya.

Menyinggung muncikari yang masih dalam masuk daftar pencarian orang (DPO), polisi hingga saat ini masih melakukan pengejaran.

Mengenai pengusaha tambang pasir di Lumajang yang berinisial R adalah bernama Rian, Barung menegaskan bahwa orang tersebut memang ada.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019