Meulaboh, Aceh (ANTARA) - Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu), menyalurkan bantuan logistik kepada keluarga korban yang mengalami musibah kebakaran rumah di Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

"Lazismu meringankan beban keluarga yang mendapat musibah kebakaran rumah. Mereka ini sudah tidak mempunyai harta benda apa pun, kecuali hanya pakaian di badan," kata divisi distribusi logistik Lazismu Aceh Barat, Rosni Idham, di Meulaboh, Minggu.

Sebagai lembaga ZIS Muhammadiyah yang bertaraf nasional mengemban tugas sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, lanjut dia, Lazismu di Aceh Barat baru terbentuk dan sudah memiliki kepengurusan organisasi defenitif.

Bantuan logistik yang diberikan berupa pangan seperti beras, mie instan, susu anak, kue kering, telur serta bantuan sandang seperti pakaian pakai hari - hari, kelengkapan ibadah shalat, hingga alat - alat dapur rumah tangga.

"Uang ada juga, mungkin jumlahnya tidak banyak. Tapi paling tidak membantu dan meringankan dalam masa tanggap darurat keluarga mereka. Ini adalah program keluarga besar Muhammadiyah, dan simpatisan yang ikut membantu,"ujar Rosni.

Keluarga yang mereka bantu adalah, dari kalangan tidak mampu, rumah kontruk papan mereka telah terbakar karena diduga akibat arus pendek listrik pada Rabu(27/2),  sekitar pukul 13.00 WIB, saat itu tidak ada pemiliknya di rumah.

Saat peristiwa itu terjadi, api begitu cepat menghanguskan seiisi rumah hingga kontruksi bangunan rata dengan tanah, hanya tersisa lantai terbuat dari coran semen kasar. Beruntung api tidak merambat ke rumah lain yang hanya terpaut 20 meter.

"Setelah kebakaran ini, ada bantuan mengalir dari Dinsos, Camat, Kechik/ Kepala Desa, termasuk tetangga yang ngasih bantuan. Untuk kerugian tidak bisa dihitung karena yang tinggal cuma baju di badan," kata pemilik rumah Taufiq (38).

Didampingi istrinya Eka Wati (34), Taufiq menjelaskan, mereka berprofesi sebagai pedagang keliling, saat kejadian itu tidak ada yang tinggal di rumah, demikian juga anak - anaknya semua masih di sekolah.

Turut hadir pada kesempatan itu Ketua Lazismu Aceh Barat H Ansharullah, Sekretaris Muktarudin, Bendahara Lazismu, T Syarifuddin, serta beberapa orang pengurus organisasi di Aceh Barat tersebut.

Pewarta: Anwar
Editor: Alex Sariwating
Copyright © ANTARA 2019