Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo saat tiba di Bali langsung diserbu oleh sekitar seribuan warga yang telah menantinya tak jauh dari pintu keluar Bandara Internasional Ngurah Rai, Badung.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerjanya di Provinsi Bali, Jumat.

Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Kepala Negara beserta rombongan tiba di Bandara Ngurah Rai Denpasar sekitar pukul 17.35 WITA.

Sebelumnya, Jokowi lepas landas usai melakukan kunjungan kerjanya di Lombok, Nusa Tenggara Barat melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid pada pukul 17.15 WITA.

Presiden kemudian melaju ke lokasi kunjungan kerja namun kemudian berhenti tak jauh dari Bandara yakni di Jalan Ngurah Rai Badung, Bali, ketika seribuan masyarakat Bali berkumpul dan menyerbu rombongan.

Presiden yang mengenakan kemeja putih keluar dari mobil dan menyapa masyarakat. Ia melayani permintaan beberapa warga untuk berswafoto dan bersalaman. Di tempat itu warga menyambut Jokowi dengan musik gamelan khas Bali.

Sekitar pukul 17.55 WITA Presiden kemudian melanjutkan perjalanan untuk meresmikan Pasar Badung, Bali, yang baru saja rampung direnovasi setelah sempat mengalami kebakaran besar tiga tahun lalu.

Pasar Badung ini menjadi salah satu ikon budaya di Kota Denpasar dan rencananya pasar ini akan menjadi pasar digital (digital market) dengan sistem pembayaran nontunai.

Beberapa sudut pasar yang berada di Jalan Sulawesi, Denpasar, ini banyak dihiasi mural yang menggambarkan aktivitas kegiatan di pasar.

Mural-mural itu terlihat di dinding akses masuk dan keluar maupun dinding di tangga dan area lift, sementara banner pembayaran nontunai terpasang di pintu masuk.

Sejumlah fasilitas, seperti timbangan digital hingga area bermain anak, juga tersedia di Pasar Badung. Ke depan, timbangan ukur ulang ini bakal ditambah hingga ke setiap lantai.

Selanjutnya, Kepala Negara juga akan bertemu bendesa adat seluruh Bali di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar.

Presiden dalam kunjungannya ke Bali didampingi oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Baca juga: Masyarakat "Nyong Timor" sambut Presiden Jokowi
Baca juga: Presiden Jokowi sambangi toko bangunan di Lombok
Baca juga: Jokowi blusukan di Pengempel tinjau rumah tahan gempa

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019