Bantuan yang disalurkan dari BUMN itu sengaja diserahkan pengelolaannya kepada warga setempat yang pengerjaannya dilakukan secara gotong royong sehingga warga merasa memiliki dan ikut serta dalam pembangunan itu
Ciamis (ANTARA) - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Pupuk Indonesia, PT Hotel Indonesia Natour (HIN), dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) bekerja sama menyalurkan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk membantu pembangunan jalan setapak di pelosok,  yang menjadi akses warga di Dusun Sirnarasa, Desa Beber, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa.

Senior Vice President Umum PT Pupuk Indonesia (Persero) Yana Nurachman, dari tiga perwakilan BUMN itu mengatakan, program bantuan pembangunan jalan di Dusun Sirnarasa, salah satu dari tiga titik lainnya yang mendapatkan bantuan program BUMN di Desa Beber.

"Kita ingin memberikan kontribusi bagi masyarakat," kata Yana.

Ia mengatakan, total pembangunan betonisasi jalan itu memiliki panjang 900 meter dan lebar satu meter, dengan ketebalan sekitar 15 sentimeter, jika diuangkan bantuan tersebut sebesar Rp151 juta.

Selain bantuan jalan, kata dia, tiga BUMN dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-21 Kementerian BUMN membantu penyediaan tempat sampah, penghijauan dan membangun MCK, dan tempat wudhu di masjid desa setempat.

"Betoninasi sepanjang 900 meter senilai Rp151 juta, tempat sampah dan penghijauan, MCK dan tempat wudhu di masjid, kita perbaiki," katanya.

Ia mengatakan, bantuan yang disalurkan dari BUMN itu sengaja diserahkan pengelolaannya kepada warga setempat yang pengerjaannya dilakukan secara gotong royong sehingga warga merasa memiliki dan ikut serta dalam pembangunan itu.

Bantuan perbaikan jalan itu, kata dia, tidak akan berbenturan dengan program dana desa, bahkan sebelumnya sudah dikaji disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terhadap akses jalan yang menghubungkan antardusun itu.

"Bantuan itu sesuai kebutuhan desa," katanya.

Koordinator perbaikan jalan Elih Iskandar mengatakan, pembangunan jalan setapak itu melibatkan 30 orang yang secara gotong royong memperbaiki jalan program bantuan dari tiga BUMN.

"Program CSR dari BUMN ini sangat membantu, karena kalau hujan suka becek," katanya.

Selain menyalurkan bantuan pembangunan jalan, BUMN juga menyelenggarakan pasar murah dengan menyiapkan tiga ribu paket pangan untuk dijual kepada masyarakat dengan harga sangat murah Rp10 ribu per paket.

Selain pasar murah, kegiatan padat karya tunai melalui program bersih-bersih kampung sehat dan perbaikan fasilitas desa, penanaman 21 pohon durian di Desa Beber, dan pemberian tempat sampah.

Baca juga: Jalur Kuningan-Ciamis, Jabar tertutup longsoran tebing

Baca juga: Dua jalur alternatif dibuka hindari jembatan ambruk di Ciamis

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019