Medan (ANTARA News) -- Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM RI) berkomitmen untuk memperkuat kemitraan dengan mitra lintas sektoral termasuk dengan Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) dan Dinas Kesehatan Provinsi seluruh Indonesia.

Kepala Badan POM RI Penny K. Lukito berharap dengan adanya dialog dengan mitra dan stakeholder dapat meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan yang beredar di masyarakat, terutama di lintas sektoral.

"Melalui Balai Besar, Balai atau Loka POM, kami akan memperkuat efektivitas pengawasan obat dan makanan," ujarnya saat Gala Diner pada penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan POM tahun 2019.

Rakernas Badan POM 2019 yang digelar pada tanggal 7-9 April 2019 di Medan, Sumatera Utara, ditutup dengan acara gala diner serta rangkuman yang disampaikan oleh Kepada Badan POM pada 9 April 2019.

Materi yang dibahas selama Rakernas terkait dengan pola koordinasi pengawasan obat dan makanan, evaluasi sementara Balai Besar/Balai/Loka POM, dan melakukan dialog dengan mitra dari Bappeda dan Dinas Kesehatan Provinsi seluruh Indonesia.

Penny mengapresiasi Rakernas kali ini bejalan sangat produktif dan menginginkan hasil diskusi serta arahan yang disampaikan agar ditindaklanjuti dengan sebaik mungkin.

“Saya mengharapkan arahan yang telah saya sampaikan terkait perencanaan Badan POM tahun 2020 yang meliputi arah kebijakan, program prioritas, dan menjalin kemitraan yang kuat dengan stakeholder maupun mitra lainnya agar dapat ditindaklanjuti dan digunakan lebih baik lagi,” katanya.

Selain itu, Penny mengarahkan Balai Besar/Balai POM, Loka POM, dan Pejabat Eselon I Pembina dapat berkomunikasi lebih intensif dan reguler. Monitoring dan evaluasi dapat dilakukan secara berkala untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Tidak hanya itu, perlu dilakukannya monitoring dan evaluasi secara berkala, sehingga permasalahan di masing-masing wilayah kerja dapat dikomunikasikan bersama-sama sehingga menemukan solusi dengan cepat,” tegas Penny.

Bersamaan dengan itu, Kepala Badan POM memberikan penghargaan kepada para pegawai teladan dan petugas petugas pengujian berprestasi atas dedikasi, kinerja, dan ide inovatif yang sangat baik.

“Semoga para pegawai teladan dan berprestasi ini juga bisa menyebarkan semangat, inspirasi, dan motivasi pada rekan kerja untuk menggali potensi lebih dalam lagi. Selamat kembali berkarya di tempat tugas masing-masing,” tutupnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019