Bandung (ANTARA) - Sebanyak 200 Usaha Kecil dan Menengah (UKM), instansi pemerintahan, dan Dharma Wanita Persatuan se-Jawa Barat ikut dalam Bazar Ramadhan 1440 Hijriah, di Parkir Barat Gedung Sate Bandung, dari tanggal 20-21 Mei 2019.

"Bazar tersebut bertujuan untuk memudahkan ibu rumah tangga memenuhi kebutuhan domestik yang dijual dengan harga relatif murah, supaya harga sembako stabil pada bulan Ramadhan," kata Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil, yang membuka Bazar Ramadhan 1440 Hijriah, Senin.

Pada bazar yang mengambil tema 'Keberkahan Ramadhan Bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat itu Atalia Praratya mengatakan, selain menjual kebutuhan pangan. bazar tersebut menjajakan keperluan sandang, busana Muslim dan peralatan shalat.
 
"Sebagai ibu rumah tangga, sebetulnya Ramadhan ini adalah bulan penuh berkah, tetapi juga mengandung nilah deg-degan. Karena biasanya menjelang Idul Fitri harga-harga melonjak tinggi, sehingga para ibu, harus berhati-hati mengatur keuangan," katanya.

Bazar yang diinisiasi Dharma Wanita Persatuan Jawa Barat itu dilaksanakan rutin setiap Ramadhan untuk meringankan beban para ibu rumah tangga.

Sementara itu, Ketua DWP Jawa Barat Elly Rosita Karniwa menyatakan bahwa bazar yang rutin dilaksanakan setiap Ramadhan ini bertujuan untuk memperkenalkan serta mengangkat kearifan produk lokal Jawa Barat, dan memberikan ruang kepada pelaku usaha untuk memarenkan produknya.

"Dengan bazar ini, kami berharap seluruh warga Jawa Barat dapat mencintai, membudayakan dan mengonsumsi produk lokal Jawa Barat," katanya.

"Selain itu juga bertujuan untuk memfasilitasi dan memberi ruang kepada para pelaku usaha untuk memamerkan keahliannya," kata dia.

Baca juga: Bandung gelar Bazar Ramadhan di Dalem Kaum
Baca juga: Balai Kota Bogor Gelar Bazar Ramadhan
Baca juga: Garut gelar bazar murah agro Ramadhan

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019