Tawaf dan sai kloter 2 calhaj Pekanbaru sudah 99 persen

Tawaf dan sai kloter 2 calhaj  Pekanbaru sudah 99 persen

Petugas mendorong calon haji lanjut usia atau lansia menggunakan kursi roda di Asrama Haji Riau, di Kota Pekanbaru, Jumat (5/7/2019) ANTARA FOTO/FB Anggoro/nz.

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 99 persen jamaah calon haji (calhaj) dari sebanyak 448 calhaj asal Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, yang tergabung dalam kloter 2, saat hari pertama di Mekkah, Arab Saudi, sudah melakukan tawaf dan sa'i.

"Begitu tiba di Mekkah, rombongan calhaj Indonesia kloter 2 Embarkasi Batam (BTH)  gelombang pertama langsung melakukan umrah wajib pada Senin (15/7)," kata Pranata Humas Ahli Kanwil Kemenag Riau, Vethria Rahmi di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Vethria Rahmi, jamaah kloter 2 ini sampai di Mekkah sekitar pukul 10.45 waktu setempat dengan bus pertama dan bus selanjutnya pukul 11.00 WAS.

Jamaah yang sejak dari Madinah telah mengenakan kain ihram itu seusai datang ke pemondokan langsung bergerak ke Masjidil Haram di Mekkah.

Saat tiba di "Baitullah", mereka berbaur dengan ratusan ribu jamaah lainya melakukan tawaf dengan memutari Ka'bah selama tujuh kali yang dimulai dan diakhiri dari rukun Hajar Aswad.

Selanjutnya, jamaah bergeser untuk melakukan sa'i, yakni berjalan kaki disertai lari kecil dari bukit Shafa ke Marwah bolak-balik selama tujuh kali.

Ketua kloter 2, Rialis menyebutkan jamaah ditempatkan pada maktab 3 dengan 2 tempat, yaitu di Royal Hotel Mekkah No 106 untuk  jamaah rombongan 1 sampai dengan rombongan 6 dan No 107 untuk rombongan 7 sampai 10.

Rialis mengatakan, jamaah telah selesai melakukan tawaf dan sa'i yang dimulai pukul 13.30 waktu setempat dan langsung dikoordinasikan oleh maktab. Sebelumnya jamaah shalat zuhur berjamaah di ruang hotel yang berkapasitas tampung 450 jamaah itu.

"Kami berikan pembinaan kepada jamaah sambil memberitahukan trik-trik tata cara ke Masjidil Haram. Pada hari pertama di Mekkah, 99 persen sudah tawaf dan sa'i dan tahallul (cukur rambut), dan yang belum wanita yang sedang berhalangan dan jamaah yang agak uzur," katanya.

Baca juga: Hari pertama kloter 2 Batam asal Pekanbaru sudah laksanakan Arbain

Baca juga: Laporan dari Mekkah - P3JH kawal sai jamaah terganggu ingatan

Baca juga: Tawaf jamaah pakai kursi roda dijadwal malam
Pewarta : Frislidia
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019