saat ini seluruh calhaj tersebut telah masuk asrama haji untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tahap terakhir
Jambi (ANTARA) - Kelompok terbang (kloter) terakhir jamaah calon haji dari Provinsi Jambi akan diberangkatkan ke Tanah Suci, Mekkah, Kamis (1/8), melalui embarkasi antara Batam.

“Kloter terakhri calhaj Jambi besok (1/8) akan diberangkatkan ke Arab Saudi tergabung dengan kloter 28 embarkasi antara Batam, dan saat ini seluruh calhaj tersebut telah masuk asrama haji untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tahap terakhir,” kata Kasi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Jambi Andrian Lista Tarigan di Jambi, Rabu.

Calon haji Jambi kloter terakhir tersebut berjumlah 165 orang. Mereka yang berasal dari Kota Jambi dan Kota Sungai Penuh tersebut tergabung dalam kloter nusantara, bersama calon haji dari Sumatra Barat dan Pekan Baru, Riau.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh KKP Kelas III Jambi, seluruh calon haji  tersebut layak terbang yang artinya kondisi kesehatan mereka dalam keadaan baik dan mampu melakukan perjalanan ke Tanah Suci, Mekkah.

Namun, calon haji kloter terakhir Provinsi Jambi itu masih sama dengan mereka pada kloter sebelumnya, di mana masih didominasi oleh calon haji dengan risiko tinggi. Dari 165 calon haji tersebut, 141 orang merupakan risiko tinggi.

Calon haji kloter 27 daerah itu telah diberangkatkan ke Tanah Suci, Mekkah pada Rabu, sekitar pukul 10.00 WIB melalui Bandara Hang Nadim Batam. Pada kloter 27 tersebut terdapat 454 orang diberangkatkan ke Tanah Suci, Mekkah.

Bersamaan dengan calon haji kloter 27 tersebut, terdapat lima orang tambahan,  berasal dari Kabupaten Batanghari yang sempat mengalami gejala gagal ginjal. Kini kondisi kesehatannya telah membaik dan diizinkan berangkat ke Tanah Suci, Mekkah, sedangkan empat orang lainnya berasal dari Kota Jambi.

Baca juga: Depok berangkatkan kloter terakhir jamaah calon haji
Baca juga: Segera tiba di Mekkah, kloter terakhir diberangkatkan dari Madinah
Baca juga: Wali Kota lepas kloter terakhir calhaj Tanjungpinang

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019