Jakarta (ANTARA) - Di banyak kota besar, transportasi umum telah menderita karena turunnya profitabilitas dan keandalan, serta pengalaman pelanggan yang buruk, sementara pengguna menginginkan layanan yang lebih personal dan menyenangkan dengan mengandalkan teknologi.

Mengantisipasi peliknya masalah transportasi ke depan dan pergeseran ekonomi ke model on-demand, Toshiba berkolaborasi dengan JUNPUZI, perusahaan mengoperasikan Convenicle, sistem yang didedikasikan untuk memberikan pengetahuan transportasi tanpa-menunggu, sesuai permintaan untuk melayani operator dan pemerintah daerah di seluruh Jepang.

Bersama JUNPUZI yang berbasis di Tokyo itu, Toshiba meningkatkan pemanfaatan Mobility-as-a-Service (MaaS), solusi yang mengintegrasikan transportasi publik dan pribadi ke dalam satu sistem dengan dukungan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), analitik big data, dan Internet of Things (IoT).

Tujuan dari MaaS adalah menciptakan mobilitas orang yang efisien, pengguna dijemput oleh kendaraan segera dan dibawa ke tujuan tertentu dengan rute langsung tanpa jalan memutar atau penundaan yang tidak diinginkan.

Baca juga: Pasar semikonduktor bakal melonjak di era 5G, apa itu semikonduktor?

"Ini adalah visi yang menggabungkan kenyamanan taksi dengan utilitas layanan bus," kata Toshiba dalam pernyataan pers yang diterima ANTARA, Sabtu.

Menurut Hirozou Yoshitomi, Presiden JUNPUZI, dengan menggunakan AI analytics Toshiba, "SATLYS ™", sistem ini dapat mengidentifikasi, memperkirakan, dan membuat prediksi.

Dengan menggambar data operasional dari JUNPUZI, SATLYS™ muncul dengan prediksi permintaan untuk titik penjemputan dan pengantaran, waktu dalam sehari dan jumlah penumpang, hingga beberapa minggu sebelumnya.

"Bus telah menetapkan rute, sehingga pengguna sering harus mengambil jalan memutar..., tetapi Convenicle menggabungkan beberapa titik penjemputan dan pengantaran yang dicadangkan untuk membuat rute dengan cara yang paling efisien, sehingga mudah bagi penumpang untuk digunakan," kata Seiji Kamiya, Manajer Departemen Perencanaan dan Pengembangan Proyek JUNPUZI.

Pendekatan itu bahkan memungkinkan untuk mengambil dan menurunkan orang-orang dengan tujuan yang sama, untuk memaksimalkan pemanfaatan kapasitas.

Baca juga: Toshiba kembangkan perangkat daya mobil listrik

Pada 2019-2024, Toshiba memperkirakan ada penggunaan yang lebih luas dan adopsi MaaS karena kemajuan dalam IoT dan pembelajaran mesin dan meningkatnya tingkat adopsi moda transportasi non-konvensional, seperti layanan sepeda dan berbagi mobil.

Menurut penelitian, MaaS akan memiliki "dampak disrupsi pada moda transportasi tradisional seperti kepemilikan mobil, bus, kereta api, penerbangan, taksi dan mobil sewaan."

Ide ini sedang diuji di seluruh dunia dan sangat bergantung pada teknologi IoT. MaaS membutuhkan konektivitas kendaraan real-time dan kecerdasan buatan untuk merencanakan perjalanan, mengoptimalkan rute, dan mempersingkat waktu perjalanan.

Algoritma mobilitas akan menghitung opsi perjalanan yang paling sesuai dari lokasi pengguna ke tujuan dan memberikan kombinasi optimal dari jenis transportasi. Opsi perjalanan akan memperhitungkan pemeliharaan terjadwal (berdasarkan pemanfaatan aset) dan gangguan yang tidak terduga.

Sementara kecerdasan buatan dan optimalisasi rute sudah bekerja di Google, Uber, dan lainnya, IoT dalam angkutan massal masih dalam tahap awal. Baik AI dan IoT akan dimanfaatkan jauh lebih luas di sektor transportasi dalam 2-3 tahun ke depan, dengan IoT mempercepat laju adopsi bahkan lebih cepat.

Baca juga: Toshiba luncurkan IC driver motor DC brushed konsumsi daya rendah dengan paket HSOP8 pin-assignment yang populer

Seorang perencana perjalanan akan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari solusi dan akan menyatukan semua alat transportasi dalam satu jaringan.

Aplikasi ini akan selalu mengetahui lokasi dan status setiap kendaraan dan akan memberikan kepada pengguna waktu kedatangan dan keberangkatan yang tepat.

Ada manfaat yang jelas bagi pengguna akhir: kesederhanaan perencanaan perjalanan, perjalanan yang lebih singkat, dan, kemungkinan, harga yang lebih rendah. Helsinki meluncurkan solusi MaaS, yang menyatukan transportasi umum, taksi, sepeda kota, dan layanan berbagi mobil. Aplikasi menikmati dukungan kuat dari kota dan komunitas.

Tantangan lain dalam menciptakan sistem transportasi efisien dan integral, menurut Hiroki Ueda, seorang peneliti di Toshiba Digital Solutions Corporation, Perangkat Lunak & Pusat Teknologi AI, adalah dalam pengelolaan big data.

“Katakanlah Anda memiliki area dengan 2.000 poin penjemputan dan pengantaran. Anda harus memproses hasil prediksi untuk semua 2.000 titik penjemputan dikalikan dengan semua 2.000 tujuan, sehingga Anda memiliki 4.000.000 rute potensial. Itu cukup rumit. Selain itu, ada sembilan tahun data untuk dianalisis."

Tapi, dengan SATLYS Toshiba, yang menganalisis data operasi Convenicle dari JUNPUZI bersama data cuaca dari Badan Meteorologi Jepang dan informasi tentang karakteristik hari yang berbeda, dapat diketahui variabel-variabel seperti "pada hari hujan, 20 persen lebih banyak kendaraan diperlukan di daerah tertentu," atau "rute yang memakan waktu dua kali lebih lama pada hari Minggu", jelas rekan Ueda di Toshiba, Yuji Irimoto.

Pada akhirnya SATLYS muncul dengan prediksi permintaan untuk titik penjemputan dan pengantaran, waktu dan jumlah penumpang, hingga beberapa minggu sebelumnya, dan menghasilkan perkiraan yang akurat dengan menganalisis dan memetakan permintaan secara komprehensif.

“Kami menganalisis permintaan di setiap area operasi dan memplotnya seperti peta panas, dengan warna mewakili permintaan,” Ueda menjelaskan. “Dari itu, kita bisa membuat perkiraan permintaan kendaraan.”

Seiring dengan berkembangnya angkutan umum, MaaS memiliki potensi untuk mewujudkan tingkat baru layanan dan kenyamanan penumpang, dan kolaborasi yang sukses dengan JUNPUZI menempatkan Toshiba di garda depan untuk menciptakan masa depan layanan transportasi sesuai permintaan.

“Ketertarikan pada infrastruktur mobilitas generasi mendatang bersifat global, diakui sebagai persyaratan mendesak,” kata Irimoto menimpali.

“Ada banyak ide di luar sana, tetapi tidak banyak perusahaan yang memiliki rekam jejak seperti JUNPUZI yang terbukti. Saya ingin terus bekerja dengan JUNPUZI, untuk menghadapi tantangan dan membantu mewujudkan masa depan transportasi," tambah Irimoto.

Baca juga: Toshiba luncurkan lini produk Driven Photorelay bertegangan rendah terbaru

Baca juga: Era kecerdasan buatan, pemerintah siapkan UU perlindungan data pribadi

Baca juga: Di China, foto wajah dibayar panci demi latih kemampuan AI

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019