Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, meminta kuota untuk putra-putri daerah itu yang ingin melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

"Tahun ke dua dibukanya Fakultas Kedokteran di UNG, diharapkan Gorontalo Utara mendapat kuota khusus mengingat pemerintah kabupaten menyiapkan bantuan pendidikan bagi putra-putrinya yang ingin menjadi dokter," ujar Bupati Indra Yasin, di Gorontalo Selasa setelah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) dengan pihak UNG dalam bentuk perpanjangan, dihadiri langsung Rektor UNG, Eduart Wolok, di ruang Tinepo kantor bupati.

"Kami sangat mendukung kehadiran Fakultas Kedokteran UNG dan sangat berharap minimal 10 orang putra-putri daerah ini bisa diterima, melalui bantuan pendidikan (beasiswa) dari pemerintah kabupaten," kata bupati.

Sebelumnya, pemerintah kabupaten mengirimkan 10 orang putra-putri daerah itu untuk menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado, serta 3 orang, ke Universitas Tadulako.

Tahun ini diharapkan minimal 10 orang bisa diterima di Fakultas Kedokteran UNG.
"Daerah kami sangat memerlukan tenaga dokter, dengan pemberian beasiswa diharapkan bisa meningkatkan jumlah dokter yang ada," ucap bupati.

Sementara itu, rektor UNG Eduart Wolok mengatakan, tahun ini merupakan tahun ke dua dibukanya Fakultas Kedokteran di Universitas tersebut.

"Kuotanya masih sama seperti tahun 2019, sebanyak 50 orang dan rencananya baru akan ditambah menjadi 100 orang pada tahun 2021 mendatang setelah fakultas ini melalui tahapan akreditasi," ungkapnya.

Pihaknya kata Eduart, sangat mengapresiasi kebijakan Bupati Indra Yasin yang berkeinginan kuat memberikan bantuan pendidikan untuk putra-putri daerahnya, untuk menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran UNG.

Hal itu sinergis dengan kehadiran fakultas tersebut yang harus memberi kontribusi terhadap indeks pelayanan kesehatan di Provinsi Gorontalo.

Ia memastikan, penerimaan mahasiswa sudah mulai berjalan dari saat ini, dengan penerapan sistem yang baru.

Tercatat 925 mahasiswa UNG berasal dari Gorontalo Utara, mereka diharapkan kembali ke daerahnya untuk membangun dan memberikan yang terbaik bagi daerah dan bangsa ini, termasuk para calon mahasiswa Fakultas Kedokteran, tambah Eduart.***
dr Eduart Wolok, Rektor UNG dan jajarannya melakukan kunjungan kerja dan silaturahim dengan jajaran pemerintah kabupaten Gorontalo Utara, dipimpin Bupati Indra Yasin. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020