Pemerintah desa Zuriati meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, melakukan percepatan pembangunan akses jalan putus akibat longsor, seperti yang terjadi di desa itu, Kecamatan Monano, pada Selasa 3 Maret 2020.

Kepala Desa Zuriati, Rikson Lewo, Jumat, mengatakan, pihaknya melakukan percepatan penanganan akses jalan putus akibat tanah longsor di Dusun Zuriati Ulu, melalui bantuan alat berat dari pihak investor yang ada di wilayah itu, serta anggaran bahan bakar dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.
 
"Tenaganya, dikerahkan dari masyarakat didukung pihak TNI dan Polri, termasuk Kapolsek Anggrek dan anggota DPRD dari daerah pemilihan Anggrek-Monano, Mikdad Yeser, yang berada di lokasi jalan putus untuk segera penanggulangan, sementara akses jalan bisa kembali dilewati mengingat sekitar 40 kepala keluarga (KK) di Dusun Zuriati Ulu, sempat terisolir lebih dari 10 jam," ungkap Rikson.

Saat ini kata dia, akses jalan daerah tersebut telah dapat dilalui, temasuk oleh para siswa dan guru yang bersekolah di SD Negeri 8 Gorontalo Utara, di Dusun Zuriati Ulu.

Namun pemerintah desa berharap agar pemkab melakukan percepatan peningkatan jalan atau perbaikan permanen untuk jalan yang sempat terputus sepanjang 25 meter itu.

Jika tidak, potensi jalan kembali terputus sewaktu-waktu dapat terjadi.

"Kami berharap, perhatian pemkab untuk segera menganggarkan perbaikan jalan ini melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) mengingat statusnya merupakan jalan daerah, apalagi tidak ada akses jalan alternatif di wilayah tersebut," ungkapnya.

Kendala lainnya, kata Rikson, tanah yang dimanfaatkan sebagai jalan tersebut, hanya bersifat pemakaian sementara mengingat ada pemilik lahan.

"Pemkab diharapkan bisa memediasinya dengan pemilik lahan, agar jalan tersebut bisa dimanfaatkan selamanya untuk kepentingan publik," tambah Rikson.

Infrastruktur jalan di desa itu sangat penting, mengingat banyak produksi pertanian dan aktivitas perekonomian yang dilakukan masyarakat setempat.
Maka akses jalan merupakan salah satu penunjang yang sangat diperlukan.***
Akses jalan daerah di Desa Zuriati, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara yang sempat terputus akibat longsor pada Selasa, 3 Maret 2020. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020