Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Provinsi Gorontalo, disampaikan anggota Komisi I, Matran Lasunte, agar para pelaku usaha di daerah itu, menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

"Saya berjumpa dengan beberapa warga dari Sulawesi Utara (Sulut) dengan tujuan Posso, Sulawesi Tengah, mereka mengutarakan sangat sepakat dengan upaya pemerintah daerah yang memberlakukan pengetatan pemeriksaan suhu tubuh, bahkan penyemprotan cairan disinfektan di kendaraan yang ditumpangi maupun tubuh mereka saat akan memasuki daerah ini," kata Matran, di Gorontalo, Minggu.

Namun langkah tersebut perlu diikuti dengan memberikan kepastian bahwa hal yang sama juga diterapkan para pelaku usaha, dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

Sebab rata-rata pelintas di jalur lintas Sulawesi ini, pasti singgah beristirahat untuk makan atau melepas lelah, bahkan melakukan pengisian bahan bakar.

Pemerintah daerah kata Matran, perlu menjamin jika setiap tempat makan atau pelaku usaha baik rumah makan, supermarket, warung, serta stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dipastikan bebas COVID-19.

"Jangan sampai, saat mengikuti rangkaian pemeriksaan di pintu masuk perbatasan, kondisi mereka dinyatakan aman, namun ternyata kerentanan itu diperoleh saat singgah di rumah makan atau tempat usaha lain yang ada di daerah ini," kata Matran.

Maka yang perlu dilakukan pemerintah daerah adalah mengingatkan para pelaku usaha untuk menerapkan protokol pencegahan COVID-19, dengan melakukan aktivitas penyemprotan disinfektan di tempat usahanya.

Kemudian karyawan yang sakit untuk tidak bekerja hingga kondisinya sehat, senantiasa menjaga jarak, serta wajib mengenakan masker atau pelindung diri saat melayani konsumen.

Jika kondisi-kondisi itu diterapkan dengan disiplin, Matran optimistis upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di daerah ini akan semakin optimal, serta aktivitas usaha di sektor riil pun dapat berlangsung normal.

Kuncinya adalah disiplin untuk menerapkan seluruh komitmen dalam rangka mencegah atau memutus rantai penyebaran virus Corona jenis baru ini, pungkas politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut.***
Matran Lasunte (kiri) anggota Komisi I DPRD, saat berbincang dengan beberapa pelintas jalur lintas Sulawesi dari Sulut tujuan Sulteng, yang singgah di salah satu rumah makan di wilayah Kecamatan Tomilito, Gorontalo Utara. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020