Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, sangat mengapresiasi bantuan alat pelindung diri (APD) dari Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, yang diterima pemerintah kabupaten, melalui Fraksi Nasional Demokrat (F-NasDem) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

"Bantuan APD sangat berarti bagi daerah ini, yang terus berupaya mencegah penyebaran COVID-19," ujar bupati, di Gorontalo, Senin.

Menurut dia, semua provinsi di Indonesia memerlukan APD sesuai standar penanganan COVID-19 yang ditetapkan WHO.

"Kondisi ini membuat pemerintah daerah berebutan memesannya, sehingga agak sulit mendapatkannya dalam waktu cepat. Bantuan dari pak Rachmat Gobel selaku Wakil Ketua DPR RI dari F-NasDem, sangat kami syukuri," ujar bupati saat menerima bantuan tersebut, langsung diserahkan Wakil Ketua I DPRD dari F-NasDem, Roni Imran bersama para anggota lainnya.

Bupati mengaku, pemanfaatannya akan diawasi dengan baik, agar penggunaannya tepat untuk para tim medis, baik di rumah sakit, puskesmas, serta tim Gugus Tugas penanggulangan COVID-19 di wilayah perbatasan.

Usai menerima bantuan, bupati langsung menunjuk Plh Kepala Dinas Kesehatan setempat, Thamrin Yusuf, untuk mendampingi F-NasDem DPRD, pada penyerahan paket APD, masker, kaca mata google, pelindung wajah dan alat pengukur suhu (thermo gun) yang disalurkan di rumah sakit Zainal Umar Siddiki dan beberapa puskesmas.

Kondisi yang dihadapi saat ini kata bupati, tidak hanya berupaya mencegah COVID-19 yang berpotensi ditularkan oleh orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Namun berpotensi ditularkan oleh orang tanpa gejala (OTG), yang sesuai informasi, berpotensi dialami oleh para tim medis yang setiap hari melakukan pelayanan kesehatan di garda terdepan.

"Saya tidak menginginkan hal itu dialami para tim medis di daerah ini, maka seluruh bantuan yang disalurkan termasuk dari Wakil Ketua DPR, Rachmat Gobel, sangat disyukuri dan diharapkan segera dimanfaatkan para tim medis," ujar bupati.

Kita berdoa dan berupaya, tambahnya, untuk memerangi COVID-19, dengan menjaga perilaku hidup sehat dan bersih, serta diharapkan masyarakat berdisiplin mematuhi jam malam yang telah ditetapkan.

"Jangan keluar rumah baik siang maupun malam, jika tidak ada kepentingan mendesak. Saat keluar rumah jangan lupa menggunakan masker dan tetap jaga jarak," pungkas bupati.***
Wakil Ketua I DPRD, Roni Imran (kemeja putih) didampingi anggota F-NasDem, Jerri Kiswanto (kanan), menyerahkan paket APD di Puskesmas Kwandang. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020