Anggota DPRD Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo dari Partai Gerindra Siswanto Biki memberi perhatian prioritas bagi para tenaga medis untuk mendukung penanganan penyebaran dan pencegahan virus corona atau COVID-19 di kabupaten tersebut.

"Tenaga medis baik dokter maupun perawat, merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan, termasuk dalam upaya mencegah COVID-19, maka mereka menjadi salah satu target kami dalam menyalurkan bantuan peralatan kesehatan yang sangat diperlukan, baik alat pelindung diri (APD) maupun suplemen untuk menjaga stamina," ujar anggota Komisi I DPRD Gorontalo Utara Siswanto Biki di Gorontalo, Jumat.

Ia mengaku selain menyalurkan bantuan dari kantong pribadi, juga ikut memantau ketersediaan APD di Puskesmas Puskesmas.

"Saya memprioritaskan Puskesmas yang ada di pusat ibu kota kabupaten, mengingat kerentanan penyebaran COVID-19 juga dihadapi para petugas medis di lintas Sulawesi, seperti mereka yang bertugas di Puskesmas Kwandang dan Molingkapoto," ungkap Siswanto.

APD yang disalurkan pun dibeli dari para penjahit lokal, agar lebih mudah mendapatkannya.

"Kalau menunggu stok dari luar daerah agak sulit sebab harus antre melakukan pemesanan dan menunggu pengiriman," katanya.

Selain itu, APD yang diproduksi penjahit lokal diharapkan bisa mendorong perekonomian di tingkat lokal.

Masker dan baju hamzat kata Siswanto juga sepatu boots anti air disalurkan di Puskesmas Puskesmas, termasuk rencananya menjangkau Puskesmas yang berada dekat dengan wilayah Kecamatan Kwandang, seperti puskesmas Dambalo dan Ponelo Kepulauan.

Siswanto yang tergabung dalam anggota fraksi Gabungan ParaBintang (Gerindra, PPP, PKS dan Hanura) DPRD setempat, optimistis, semakin banyak APD yang disalurkan akan semakin memotivasi para tenaga medis dalam menjalankan tugas di tengah pandemi virus mematikan ini.

Ia pun berpesan agar tenaga medis tidak sungkan menyampaikan aspirasi ke DPRD sebagai wakil rakyat, untuk disampaikan kepada pemerintah kabupaten setempat agar mendapat perhatian, khususnya terkait kesejahteraan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020