Pemerintah Desa di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengoptimalisasi program pencegahan COVID-19, dengan melakukan gerakan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker.

Seperti yang dilakukan di Desa Zuriati, Kecamatan Monano, di wilayah barat kabupaten tersebut, melibatkan seluruh perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), aparat Babinsa, Babinkamtibmas dan Karang Taruna.

Kepala Desa Zuriati, Rikson Lewo, di Gorontalo, Senin, mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan serentak menjangkau fasilitas publik di desa dan pemukiman penduduk.

Setiap warga pun diberikan bantuan masker, termasuk para pelaku usaha makanan, penjual kue, pengendara becak motor (bentor), petani dan pelaku informal lainnya.

"Kami optimal berupaya mencegah penyebaran COVID-19, termasuk membentuk relawan yang akan sosialisasikan gerakan memutus rantai penyebaran virus mematikan ini," ungkapnya.

Terkait penyaluran bantuan langsung tunai, pemerintah desa kata Rikson, akan menyalurkan sesuai data terdampak di desa tersebut.

"Kami menggerakkan tim relawan COVID-19 di desa ini, untuk melakukan pendataan warga yang akan mendapat bantuan bersumber dari dana desa yang digeser untuk pemanfaatan penyaluran bantuan bagi warga terdampak," ungkapnya.

Pihaknya optimistis, langkah tersebut mampu memutus rantai penyebaran COVID-19 tidak hanya di desa, namun di daerah itu.***
Pemerintah Desa Zuriati, Kecamatan Monano, Gorontalo Utara, melakukan gerakan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker memanfaatkan anggaran dana desa yang digeser untuk penanganan COVID-19. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020