Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meninjau penerapan protokol kesehatan dalam lingkungan kerja perusahaan kelapa PT Royal Coconut di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Kami ingin memastikan standar operasional pelayanan dalam pemberlakuan protokol kesehatan di setiap pabrik yang ada di daerah ini," ujar Nelson, Rabu.

Ia menjelaskan jika hal itu merupakan bagian dari pengendalian penanganan dan pencegahan COVID-19.

"Kami mendengar informasi pekerjanya kurang lebih seribuan orang dan ini menunjukkan bahwa tempat ini dapat menyerap lapangan kerja, dan sangat luar biasa pekerjanya adalah orang sini sebagai upaya mengatasi pengangguran," ucap Nelson.

Nelson menyebutkan pabrik itu mengerjakan ikon komoditas daerah yaitu kelapa. Kelapa ini, ungkap Nelson, sebenarnya kebanggaan Indonesia, dan khususnya Sulawesi dan lebih khususnya lagi Sulawesi Utara, Sulwesi Tengah dan Gorontalo.

"Alhamdulillah, ada industri yang mendorong ini sehingga ikon itu terus berkembang dan ini tak hanya mendorong lapangan kerja namun mendorong produk pertanian kita khususnya bidang kelapa, perkebunan," ungkap Nelson.

Menurut Nelson ia melihat semua pekerja di pabrik itu telah mengenakan masker dan menjaga jarak fisik.

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan rapid tes kepada seluruh karyawan dan berharap tidak ada yang reaktif COVID-19," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020