Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pada Triwulan I tahun 2013, perekonomian di Gorontalo tumbuh 7,63 persen, lebih tinggi di banding triwulan sebelumnya 7,57 persen.

"Angka pertumbuhan tersebut, masih sesuai dengan angka proyeksi Bank Indonesia (BI) Gorontalo sebelumnya yang berada pada kisaran 7,5-8,0 persen," kata Kepala Perwakilan BI Gorontalo Wahyu Purnama, Selasa.

Ia menjelaskan di sisi permintaaan, pertumbuhan ekonomi daerah itu masih didorong oleh permintaan konsumsi rumah tangga, karena ada kenaikan pendapatan masyarakat.

"Kenaikan pendapatan itu didorong oleh adanya musim panen, serta kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP)," katanya.

Membaiknya pendapatan masyarakat ditunjukkan oleh Nilai Tukar Petani (NTP) Gorontalo, yang tampak dari tren membaik mulai awal tahun 2013.

Sementara dari sisi penawaran, membaiknya perekonomian Gorontalo disebabkan oleh peningkatan kinerja sektor pertanian dan sektor industri pengolahan.

Ia menjelaskaan, sektor pertanian pada triwulan I mengalami peningkatan pada sub sektor tanaman pangan dan perikanan, sementara sub sektor perkebunan diperkirakan menurun.

"Musim panen dan dukungan cuaca mendorong produksi tanaman pangan dan jumlah tangkapan ikan meningkat," katanya.

Pada sektor industri pengolahan, terjadinya peningkatan terutamaa didorong oleh pertumbuhan industri makanan dan perabot.

Pewarta: Oleh Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013