Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Gorontalo Utara, menyalurkan bantuan untuk warga miskin di daerah itu sebagai salah satu upaya mengatasi dampak pandemi COVID-19 yang dirasakan akibat pembatasan aktivitas.

Ketua Kwarcab Pramuka Gorontalo Utara, Ridwan Yasin yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, Senin, mengatakan, seluruh elemen termasuk organisasi kepemudaan, sosial dan kemasyarakatan lainnya, dapat ikut menyalurkan bantuan yang sama, mengingat masyarakat terdampak sangat memerlukan bantuan.

Terkait penyaluran bantuan pangan nontunai untuk penanganan COVID-19, baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten, masih terus melakukan perbaikan data untuk mencegah data ganda, termasuk mengupayakan warga miskin yang tidak terdata agar dapat terakomodasi.

"Sambil menunggu perbaikan data tersebut, kami melalui Kwarcab Pramuka bergerak menyalurkan bantuan bagi warga miskin di seluruh kecamatan," ujarnya.

Bantuan sembako telah disalurkan di Kecamatan Kwandang, Tomilito, Anggrek, Biau dan Tolinggula, menyusul untuk kecamatan lainnya.

Selama ini, katanya, Kwarcab Pramuka memiliki ketersediaan anggaran untuk kegiatan pembentukan karakter tunas dan bangsa. Berbagai bentuk kegiatan tersebut memiliki anggaran, namun di tengah pandemi COVID-19, Kwarcab Pramuka tidak dapat menggelarnya.

Karena itu anggaran yang tersedia, kata Ridwan, diinisiasi untuk penyaluran sembako kepada masyarakat miskin, khususnya yang belum tersentuh berbagai bantuan dari pemerintah, baik bantuan pangan nontunai, serta bantuan langsung bersumber dari dana desa.

"Masyarakat terdampak COVID-19 sangat memerlukan bantuan maka kita melalui gerakan Pramuka ikut bergerak cepat mendukung penyaluran sembako, seperti 360 paket sembako untuk masyarakat di Kecamatan Biau dan Tolinggula," ungkapnya.

Ia berharap langkah tersebut dapat membantu masyarakat mengatasi kesulitan mendapatkan bahan pangan di tengah pandemi COVID-19.
Ridwan Yasin, ketua Kwarcab Pramuka Gorontalo Utara, menyalurkan bantuan sembako untuk warga miskin di Kecamatan Biau dan Tolinggula. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020