Pemerintah Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara membagikan virgin coconut oil (VCO) kepada tenaga medis guna mencegah terpapar pandemi virus corona (COVID-19).

"Kami terus melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dengan membagikan VCO kepada petugas kesehatan Kota Bitung," kata Wali Kota Bitung Maximilian J Lomban di Bitung, Jumat.

Dia mengatakan VCO ini dibagikan langsung oleh Wali Kota Bitung Maximilian J Lomban secara simbolis kepada petugas kesehatan Kota Bitung, menurut Lomban VCO ini sudah diluncurkan oleh Presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu dan berdasarkan hasil dari tim penelitian Unsrat Manado VCO ini berkhasiat mencegah COVID-19 hal ini dibenarkan oleh Buce Moningka selaku tokoh Sulut sebagai ahli obat.

“VCO sangat membantu untuk kesehatan dan mencegah COVID-19 yang telah diluncurkan oleh Bapak Presiden Jokowi beberapa waktu lalu," tegas Lomban.

Lomban juga menyampaikan kalau bantuan VCO ini diberikan untuk tenaga kesehatan karena dinilai sangat penting karena tenaga kesehatan berhadapan langsung dengan warga yang sakit, sehingga tenaga kesehatan perlu dibekali dengan VCO agar terhindar dari penyebaran COVID-19.

Lomban menambahkan kalau Kota Bitung saat ini harus bersyukur karena sudah bisa membuat dan menghasilkan VCO sendiri lewat Dinas Perdagangan yang bekerja sama dengan para petani kelapa yang ada di Kota Bitung.

“Puji Tuhan Kota Bitung bisa menghasilkan VCO sendiri lewat dinas perdagangan bekerjasama dengan petani kelapa," kata Lomban.

Dia juga terus mengingatkan agar seluruh warga Bitung untuk tetap mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19, rajin cuci tangan, jaga jarak selalu gunakan masker dan terus berdoa, tutup Lomban.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020