Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara akan membangun kerja sama dengan pihak Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Manado, Sulawesi Utara, terkait upaya menuju Kabupaten Smart City.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, di Gorontalo, Selasa, mengutarakan terkait upaya percepatan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur di bidang komunikasi dan informasi yang akan mendorong laju perkembangan daerah, sebagai kabupaten Smart City.

Sekda mengatakan sengaja memboyong beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam pertemuan yang berlangsung di auditorium, bersama kepala BPSDMP Manado, Christiany Juditha.

Menurutnya, komunikasi dan informasi di daerah perlu dikembangkan secara menyeluruh, sebab telah menjadi kewajiban pemerintah daerah, agar semua kegiatan dapat dilakukan secara elektronik.

Pemkab akan membangun kerja sama dengan BPSDMP untuk mempersiapkan daerah itu menjadi kabupaten Smart City, bukan sekadar dapat sejajar dengan daerah lain, seperti Kabupaten Gorontalo maupun Kota Gorontalo, namun diharapkan di era digital saat ini, komunikasi dan informasi terkait seluruh aspek pembangunan daerah, dapat sejalan dengan peningkatan SDM yang ada, dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan daerah.

Sementara itu, kepala BPSDMP Komunikasi dan Informatika Manado, Christiany Juditha, mengatakan institusi tersebut bertugas melaksanakan pengembangan di bidang literasi dan profesi SDM informatika.

Pihaknya pun sangat terbuka kepada setiap pemerintah daerah yang ingin membangun kerja sama pengembangan di bidang tersebut, khususnya dalam penyusunan dokumen Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi (RITIK), dalam penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

RITIK akan sangat mendukung dan memberi pedoman dalam pelaksanaan pemerintahan di daerah, khususnya dalam pengembangan yang berhubungan dengan TIK.

Setiap tahun, BPSDMP Kominfo Manado, menggelar kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan SDM di bidang Teknologi Komunikasi dan Informasi, termasuk akan memberi ruang kerja sama dengan Pemkab Gorontalo Utara.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020