Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Rombongan Kepala Puskesmas se Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, melakukan studi banding ke Situbondo, Jawa Timur, guna belajar "benchmarking" akreditasi guna peningkatan pelayanan kesehatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango Ishak Ntoma melepas rombongan studi banding tersebut, berharap proses "belajar" ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Sekda mengaku senang sekaligus mengapresiasi kegiatan studi banding ini, karena bisa memberikan peningkatan wawasan, peningkatan motivasi, perubahan paradigma dan peningkatan kompetensi, terutama kepada seluruh Kepala Puskesmas di Kabupaten Bone BOlango

Dengan melihat langsung objek yang menjadi tempat benchmarking Akreditasi Puskesmas di Situbondo itu, semua peserta bisa belajar lebih dekat apa yang mereka lakukan di sana.

Dengan demikian akan lebih mempercepat proses perubahan pemikiran dan tingkat konsep serta idealisme seorang aparatur, dalam hal ini kepala-kepala Puskesmas di dalam melaksanakan pengabdian sebagai aparat pelayan.

"Terutama pelayan di bidang kesehatan yang menjadi ujung tombak pemerintah daerah di Puskesmas-Puskesmas yang ada," katanya.

Harus diingat konsep pelayanan sekarang, bukan saja dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas, tapi juga lebih bagaimana masyarakat maupun pasien rawat itu merasa aman dan nyaman.

Oleh karena itu, tuntutan profesional semakin mengedepankan niat luhur untuk bagaimana menjadi pelayan di bidang kesehatan yang lebih baik.

"Kami berharap selaku pemerintah daerah, mudah-mudahan atas keberangkatan seluruh kepala Puskesmas untuk melihat lebih dekat bagaimana Puskesmas di Situbondo yang sudah menjadi rujukan nasional bisa berdampak positif dan bisa diterapkan di daerah ini," tambah Sekda. 

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015