Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara menggelar lomba lari delapan kilometer (8K) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) daerah ini ke-8.

Bupati Indra Yasin, Jumat, usai melepas ribuan peserta di lapangan hijau Posso, Kecamatan Kwandang, mengatakan, lomba tersebut tidak sekedar menyemarakkan HUT kabupaten saja, namun untuk lebih memasyarakatkan olah raga.

"Angka harapan hidup di daerah ini terus meningkat dari 67 tahun menjadi 72 tahun berdasarkan data Dinas Sosial tahun 2014, sehingga lebih memasyarakatkan olah raga sangat penting agar penduduk semakin sehat dan produktif," ujar bupati.

Apalagi diakuinya, perlombaan seperti ini jarang dilakukan di daerah ini sehingga untuk menyemarakkan HUT kabupaten, Pemkab menggelar lomba yang diharapkan mampu melahirkan bibit unggul berprestasi.

"Masyarakat harus terlibat aktif dalam menyemarakkan HUT kabupaten ini, sehingga lomba lari 8 km ini dibuka untuk umum," ujar bupati.

Ketua panitia HUT Kabupaten, Nasution Djou mengatakan, lomba lari tersebut diikuti kategori umum dari unsur masyarakat, kalangan swasta serta TNI/Polri, serta kategori pelajar diikuti utusan sekolah dari seluruh tingkatan.

Untuk lomba kategori umum dimenangi utusan Bataliyon 715 Motuliato, yang berhasil meraih juara dengan perolehan waktu 25 menit 31 detik, mendekati rekor nasional kata Nasution, dengan rekor 25 menit 10 detik.

Pemenang lomba langsung menerima hadiah dari Bupati Indra Yasin, Wakil Bupati Roni Imran dan Sekretaris Daerah Ismail Patamani serta Ketua Komisi III DPRD Lukum Diko. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015