Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, menasehati Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Utara, agar menjaga kekompakkan sehingga tidak pecah kongsi atau hubungannya retak.

"Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Utara, termasuk kepala daerah lainnya, dalam menjalankan pemerintahan jangan sampai pecah kongsi dan wajib menjalankan program dan kegiatan sesuai Rencana Jangka Panjang Menengah Daerah (RPJMD)," ujar Gubernur pada rapat paripurna istimewa DPRD dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten ke-8 di halaman kantor bupati, Minggu.

Menurutnya, kekompakkan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah bersama DPRD dan seluruh perangkat daerah sangat penting untuk menjalankan pemerintahan daerah yang maju dan pro rakyat.

Ia mencontohkan, saat memimpin Kabupaten Gorontalo Utara sebagai Bupati bersama Wakil Bupati Indra Yasin pada tahun 2009-2011 meskipun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten ini baru sebesar Rp115 miliar, namun pemerintahan daerah dapat berjalan sesuai harapan rakyat.

Kekompakkan dan keberanian pemerintah daerah dan DPRD didukung restu rakyat, menjadi modal membangun infrastruktur perkantoran yang sebelumnya hanya menumpang di rumah-rumah penduduk, namun komitmen yang tinggi tersebut mampu mewujudkan kawasan perkantoran blok plan lengkap dengan rumah dinas.

Roda pemerintahan daerah berjalan optimal, perekonomian mulai maju, jalan-jalan utama teraspal dan warung-warung makan maju.

Bahkan saat ini setelah dipimpin Bupati Indra Yasin dan Wakil Bupati Roni Imran, Kabupaten Gorontalo Utara makin maju dan berkembang berkat kekompakkan pemerintahan daerah yang berjalan baik.

Gubernur pun mengimbau agar DPRD untuk mendukung program Bupati dan Wakil Bupati yang pro rakyat. "Jangan ada lagi insiden yang akan menghambat jalannya pemerintahan daerah seperti yang pernah terjadi di Kabupaten Gorontalo Utara namun berhasil dimediasi dan diselesaikan dengan baik," ujarnya. (adv/lipsus)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015