Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat siap membantu kelengkapan fasilitas unit transfusi darah (UTD) di Kabupaten Gorontalo Utara.

"Untuk mendukung pemenuhan ketersediaan darah oleh UTD Kabupaten Gorontalo Utara, maka PMI Pusat akan memfasilitasinya dengan berbagai kelengkapan yang diperlukan," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Pusat, dr Ritola Tasmaya.

Ia mengaku sudah meresmikan langsung markas PMI Kabupaten Gorontalo Utara, disaksikan langsung Bupati Indra Yasin, pengurus PMI Pusat dan PMI Provinsi Gorontalo hingga kecamatan.

Kebanggaannya kata Ritola, mengingat peresmian UTD ini merupakan fasilitas kedua di Provinsi Gorontalo setelah UTD Kota Gorontalo.

Harapannya kata ia, agar pelayanan transfusi darah segera dilakukan di UTD ini sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke luar kabupaten.

Bupati Indra Yasin mengaku, peresmian UTD tersebut merupakan kado istimewa bagi kabupaten ini yang genap berusia 8 tahun dan telah ketambahan fasilitas pelayanan kesehatan makro bagi masyarakat.

"Fasilitas ini sangat didambakan masyarakat serta dipastikan mempermudah penanganan kemanusiaan di daerah rawan bencana alam ini," ujar bupati.

Kehadiran UTD Kabupaten Gorontalo Utara ini juga didukung oleh kesatuan TNI dan Kepolisian yang ada di daerah ini, seperti Brigif 22 Otamanasa, Yonif 715 Motuliato, Yonif 713 dan Satradar Kwandang.  

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015