Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengungkapkan komitmen dari Polda Gorontalo dan jajarannya bersama TNI untuk terus berkomitmen membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam penanganan COVID-19.

"Tugas itu merupakan sebuah kehormatan, oleh karena itu laksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab dalam hal penanganan COVID-19," ujar Kapolda di Gorontalo, Selasa.

Menurutnya, Polri harus bahu membahu bersama TNI untuk Pemda dalam hal mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Jangan pernah lelah untuk melakukan hal ini dan ingat disiplin protokol kesehatan tidak hanya berlaku untuk masyarakat, namun juga berlaku bagi seluruh personel Polri, untuk itu perhatikan pula penerapan disiplin protokol di lingkungan kerja masing-masing," tegasnya.

Kapolda pun memerintahkan kepada para Kapolres untuk memonitor perkembangan COVID-19 di wilayah masing-masing.

"Silahkan koordinasi dengan Pemda dan gugus tugas di masing-masing wilayah guna mengetahui sebaran COVID-19 dan lakukan langkah-langkah bersama dalam menekan penyebarannya, dengan terus menggiatkan pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan," kata dia, lagi.

Irjen Pol Akhmad pun meminta agar melibatkan seluruh komponen masyarakat baik pejabat daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh berpengaruh lainnya untuk memberikan edukasi dan imbauan tentang protokol kesehatan.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono mengatakan bahwa jajaran kepolisian daerah Gorontalo bersama TNI secara terus menerus melakukan kegiatan pendisiplinan masyarakat.

"Polda hingga Polres bersama TNI terus melakukan kegiatan pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan melalui operasi Aman Nusa, dimana kegiatan ini sebagai wujud bantuan kepada pemerintah daerah dalam menekan penyebaran covid19, apalagi Gubernur Gorontalo juga telah menerbitkan Pergub 41 tahun 2020, tentunya kita akan dukung Satpol PP dalam menegakkan peraturan tersebut," ujar Wahyu

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020