Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, sementara menunggu hasil tes usap (swab test) yang telah dilakukan pada Selasa, 8 Agustus 2020.

"Tes tersebut digelar di kantor ini, seluruh komisioner dan pegawai tanpa terkecuali, mengikuti tes usap yang dilaksanakan pihak Dinas Kesehatan untuk memastikan tidak ada yang terpapar virus Corona," ujar ketua KPU Bone Bolango, Adnan Berahim, di Gorontalo, Kamis.

Protokol kesehatan terus diterapkan pihaknya kata Adnan, jika hasil tes usap nanti ada yang positif COVID-19 maka wajib istirahat dan melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Mudah-mudahan tidak ada yang positif COVID-19," ucapnya.

Selanjutnya kata dia, pihaknya akan meminta petunjuk KPU RI terkait pembagian waktu kerja, jika ada komisioner yang positif COVID-19.

"Semoga seluruhnya negatif COVID-19 dan sehat seperti kondisi saat ini," tambahnya.

Ia berharap, seluruh komisioner dan pegawai sekretariat KPU, tidak ada yang tegang-tegang, stres atau hal-hal yang mengganggu daya tahan tubuh, meski kerja harus fokus namun harus tetap tenang, minum vitamin, makan yang cukup dan sehat.

Diketahui, sebanyak dua bakal calon dari empat bakal pasangan calon yang datang mendaftar di KPU tersebut pada tahapan pendaftaran peserta Pilkada serentak 2020, dinyatakan positif COVID-19 hasil tes usap.

Sejauh ini katanya, hasil koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan, dua bakal calon tersebut masih melakukan isolasi mandiri dan tidak menunjukkan hal-hal lain.

Sementara untuk bakal calon lainnya atau negatif COVID-19, tetap mengikuti seluruh tahapan pemeriksaan kesehatan.

Terkait yang belum mengikuti, masih akan menunggu penyusunan dan penetapan jadwal pemeriksaan, setelah berkoordinasi dengan tim pemeriksa.

"Kita perlu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan termasuk Satuan Tugas penanganan COVID-19, sesuai penyesuaian masa isolasi mandiri yang terinformasi selama 10 hari," ucapnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020