Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Senin, mengaku sangat mendukung pihak Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG) yang membuka program studi kemaritiman.

Menurutnya, dibukanya kampus VII UMG di Gorontalo Utara sekaligus program studi kemaritiman menjadi jawaban bagi pemerintah daerah, dalam mendukung upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk pengelolaan potensi kelautan dan perikanan di daerah ini.

" Pembenahan SDM sangat penting dilakukan, diantaranya peningkatan kompetensi dan kapasitas individual melalui jalur pendidikan," ujar bupati.

Sehingga diharapkan minimal ada lima orang lulusan SMA di setiap desa, bisa menempuh pendidikan di kampus VII UMG khusus program studi kemaritiman, ditambah minimal dua orang aparatur desa khususnya dari 54 desa pesisir.

Dengan begitu kata bupati, Gorontalo Utara akan memiliki kesiapan SDM dalam mengelola 356 kilo meter panjang pantai serta 52 pulau yang dimiliki.

Rektor UMG Prof Nelson Pomalingo mengatakan, tahun 2015 ini pihaknya membuka program studi kemaritiman dari 9 program studi yang diusulkan.

Pihaknya sengaja membuka program studi tersebut sebagai upaya mendukung pengembangan potensi kemaritiman di Gorontalo yang berada di wilayah pesisir.

UMG berharap, program studi tersebut menjadi pilihan yang tepat bagi SDM di daerah-daerah yang memiliki keinginan kuat mengembangkan potensi wilayahnya.

Itulah salah satu alasan kuat pihaknya kata Nelson, menambah program studi kemaritiman termasuk merealisasikan kampus berada dekat dengan daerah, sebab kampus harus berkolaborasi dengan daerah.

Tahun ini UMG juga membuka program studi psikologi dan akuntansi syariah serta menargetkan dibukanya Fakultas Kedokteran. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015