Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, mengapresiasi masyarakat yang terus mendukung iklim investasi di daerah itu.

Seperti di Kecamatan Monano, meski sempat terjadi gejolak dampak pandemi COVID-19 yang dihadapi masyarakat selaku tenaga kerja lokal pada perusahaan yang ada di daerah itu. 

"Alhamdulillah, setelah dimediasi pemerintah daerah perlahan tuntutan masyarakat dapat ditangani dengan baik," ujar Thariq, di Gorontalo, Kamis, usai memimpin pertemuan mediasi dihadiri masyarakat, pemerintah desa, kecamatan, dinas terkait Provinsi Gorontalo dan pihak perusahaan.

Dalam rangka penyelesaian tuntutan masyarakat Monano tersebut katanya, sengaja dihadirkan pihak perusahaan, dewan pengawas provinsi, camat dan kepala desa.

"Kita menghasilkan dua produk melalui pertemuan tersebut, yaitu tanggapan perusahaan dan pemerintah, serta rekomendasi dalam penyelesaian tuntutan masyarakat terhadap aktivitas perusahaan di kecamatan tersebut," ungkapnya.

Enam rekomendasi tersebut secara substantif, pertama, menjelaskan tentang dukungan pemerintah daerah dan masyarakat terhadap tumbuhnya iklim investasi.

"Kita patut bersyukur, di tengah tuntutan dan polemik yang sempat muncul, namun maayarakat sangat mendukung iklim investasi di daerah ini," tuturnya.

Rekomendasi kedua, mengarah pada dua perusahaan di kecamatan tersebut, yaitu PT Mitra Permata dan PT Gorontalo Panel Perdana, agar pada kondisi normal dan saat produksi berjalan, untuk mempekerjakan tenaga kerja lokal khususnya yang telah mengundurkan diri, disesuaikan dengan kompetensi dan mengacu pada ketentuan perundang-undangan.

Ketiga, masyarakat dan pemerintah desa dalam penyelesaian hubungan industrial agar mengacu pada Undang-undang.

Keempat, secara substantif mengacu pada keberlangsungan dan kelestarian lingkungan hidup, agar perusahaan-perusahaan memperhatikan faedah lingkungan sesuai peraturan perundang-undangan. 

Kelima, dinas terkait yaitu Dinas Tenaga Kerja, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal Provinsi, agar melakukan pembinaan dan monitoring secara periodik maupun insidentil.

Keenam, pemerintah kecamatan dan desa, diharapkan berkoordinasi dengan dinas terkait dalam menanggapi masalah-masalah yang berkaitan dengan aktivitas atau keberadaan perusahaan.

Pemerintah daerah menjamin, akan ada sosialisasi dan pemberian informasi secara penuh agar hasil pertemuan tersebut atau enam rekomendasi itu, didengarkan langsung oleh masyarakat.

Termasuk Dinas Tenaga Kerja, pemerintah kecamatan dan desa, khususnya masyarakat dalam mendukung iklim investasi di daerah ini, berjalan dengan baik sesuai harapan.***
Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, dalam pertemuan bersama organisasi perangkat daerah, dewan pengawas ketenagakerjaan provinsi, pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat, di Kecamatan Monano. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020