Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib, tiba-tiba melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di kantor Inspektorat setempat, guna melihat dari dekat kinerja aparatur dalam menjalankan program pengawasan pemerintahan.

Dalam Sidak itu, Bupati Gorontalo langsung mengevaluasi kinerja seluruh jajaran aparatur di lingkungan Kantor Inspektorat itu, Khususnya Aparatur Pengawasan Interen Pemerintah (APIP) dalam menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan Undang-Undang.

"Hal ini penting dilakukan mengingat Inspektorat sebagai salah satu Unit yang vital, yakni sebagai pengawas internal pemerintah untuk membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Gorontalo," kata Bupati.

Selain itu juga, APIP mempunyai peran yang sangat strategis untuk meningkatkan kinerja pemerintah menuju tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).

Bupati berharap, dalam peningkatan fungsi pengawasan APIP perlu untuk terus memantapkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, diantaranya dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Selain itu, APIP perlu melakukan penilaian mandiri (self assessment) terhadap area proses kunci (key process areas), yang harus dipenuhi sehingga diketahui kondisi APIP saat ini.

Serta dapat diketahui area mana yang memerlukan perbaikan (areas of improvement) untuk menuju ke level kapabilitas yang lebih tinggi, sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh BPKP.

"Saya menekankan kepada APIP untuk terus membangun komunikasi serta koordinasi yang baik dengan BPKP, karena Bantuan BPKP dalam proses peningkatan kapabilitas APIP sangatlah diperlukan, khususnya dalam melakukan self assessment," tukasnya.

Sementara itu, Inspektur Kabupaten Gorontalo Abdul Manaf Dunggio menjelaskan, capaian Kapabilitas APIP saat ini sudah berada pada tahap level satu, dan saat ini akan memasuki tahap level 2 kapabilitas APIP.  

Pewarta: Fadly Thaib

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015