Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - DPRD Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo dalam waktu dekat akan segera turun lapangan, untuk memantau harga maupun ketersediaan stok kebutuhan pokok.

Wakil Ketua Dewan Kabupaten (Dekab) Pohuwato, Yusup Makuta, mengatakan, menjelang bulan Ramadan pihaknya akan segera turun di sejumlah pasar tradisional bersama instansi pemerintah seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta instansi terkait lainnya.

Dia menjelaskan, bahwan kebutuhan pokok yang akan dipantau tersebut seperti, gula pasir, beras, minyak goreng, terigu, serta bahan ataupun barang yang dibutuhkan warga saat puasa dan lebaran nanti.

"Kami juga akan memantau ketersediaan elpiji dan minyak tanah sebab saat puasa dan lebaran sudah dapat dipastikan aan terjadi peningkatan pemakaian," kata politisi dari PDI Perjuangan tersebut.

Selain memantau ketersediaan berbagai macam bahan kebutuhan pokok, juga memantau kenaikkan harga sebab biasanya ada yang memanfaatkan momen seperti ini.

"Sudah seringkali terjadi saat menjelang ramadan dan Idul Fitri akan terjadi peningkatan harga bahan kebutuhan pokok," kata Yusup.

Menurut dia, dalam waktu dekat ini akan segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait, agar terus efektif dalam melakukan pengawasan terutama adanya penimbunan dan permainan harga.

"Jika ditemukan adanya spekulan yang sengaja melakukan penimbunan barang dengan tujuan untuk mencari keuntungan, maka yang bersangkutan harus diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Yusup.

Dia menambahkan, menjelang ramadan diharapkan warga untuk selalu menjaga agar situasi Kabupaten Pohuwato tetap aman dan kondusif serta saling menghargai saat ada warga yang sedang menjalannkan ibadah puasa.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015