Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, meminta perbankan dukungan permodalan para wirausaha muda di daerah itu.

"Kita memiliki sumber daya manusia yang jumlahnya cukup banyak dan bergerak pada beragam jenis usaha mikro kecil dan menengah, namun tanpa dukungan permodalan mereka akan sulit berkembang," kata Ridwan pada kegiatan pelatihan kewirausahaan muda di Gorontalo, Rabu.

Menurut dia, program Dinas Pemuda dan Olahraga setempat dalam menyiapkan wirausaha muda terlatih dan berpengetahuan tinggi dalam berinovasi menciptakan produk-produk kerajinan tangan maupun kreasi produk pangan berkualitas, harus didukung dengan modal yang cukup.

Oleh karena, kata dia, pemerintah kabupaten meminta pihak perbankan di daerah ini untuk memberikan kemudahan mendapatkan bantuan permodalan bagi para wirausaha muda, di antaranya melalui Bank SulutGo.

"Mengapa Bank SulutGo? sebab pemerintah daerah telah lama membangun kerja sama dengan bank tersebut melalui penyertaan modal yang kini telah mencapai Rp20 miliar. Semoga bagi hasilnya bisa diarahkan untuk mendukung kreativitas dan inovasi para wirausaha muda di daerah ini," katanya.

Pelatihan bagi pemuda sebagai pelaku wirausaha di daerah ini diharapkan bisa membiayai masa depan mereka masing-masing, termasuk meningkatkan perekonomian daerah di sektor rill.

Selain itu pelatihan tersebut diharapkan semakin menambah ilmu para pelaku usaha muda yang tumbuh dari desa-desa untuk terus berkembang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan, menurunkan angka pengangguran, dan kemiskinan di daerah ini.
 
Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, pada kegiatan pelatihan wirausaha muda. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020