Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango menyatakan distribusi logistik untuk proses pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Bone Bolango, sudah mencapai 95 persen.

“Persiapan pilkada di Bone Bolango, untuk logistik sudah sekitar 95 persen berada di TPS-TPS. Sisanya masih lima persen lagi dan itu dipastikan harus selesai hari ini juga,” ungkap Kabag Keuangan dan Logistik KPU Provinsi Gorontalo Adrian Mustafa, saat  Sekretaris daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba meninjau kesiapan pilkada, Selasa.

Menurutnya seluruh TPS yang ada di Kabupaten Bone Bolango, telah didirikan berdasarkan aturan yang diterapkan oleh KPU Provinsi Gorontalo.

Aturan tersebut mulai dari tata letak denah TPS, kesiapan tempat duduk pemilih yang hanya bisa menampung sembilan orang per sesi, dan tempat bilik pemungutan suara khusus jika ada pemilih yang memiliki gejala suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

“Untuk menghindari kerumunan saat pemungutan suara besok, KPU provinsi memang telah menerapkan denah TPS sesuai kapasitas. Tadi berdasarkan pemantauan, KPU Bone Bolango telah menerapkan itu dan paling penting harus ada bilik khusus," tambahnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Gorontalo Darda Daraba menilai persiapan pilkada serentak untuk Kabupaten Bone Bolango sudah bisa dibilang 100 persen siap.

Hal itu berdasarkan hasil pemantauan langsung, dimana rata-rata TPS telah mendistribusikan surat pemberitahuan pemungutan suara atau C6 dan kotak suara sudah ada.

“Bahkan untuk Kecamatan Pinogu yang lokasinya jauh dengan medan yang sulit, sudah selesai didistribusi. Kami mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu ini. Mudah-mudahan besok semua berjalan dengan lancar dan aman. Saya ingatkan lagi tetap patuhi protokol kesehatan, jangan lengah, kita sedang berada disituasi pandemi,” tandasnya.

Pada kunjungan tersebut sekda bersama tim mendatangi lima TPS yakni TPS 2 Kelurahan Oluhuta Kecamatan Kabila, TPS 2 Tanggilingo Kecamatan Kabila, TPS 1 Hulemo Kecamatan Suwawa, TPS 2 Bulotalangi Barat Kecamatan Bulango Timur dan TPS 1 Popodu Kecamatan Bulango Timur.

Selain meninjau TPS, ia juga meninjau langsung kesiapan kantor KPU dan Bawaslu Bone Bolango.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bone Bolango sebanyak 115.539 jiwa.

Jumlah tersebut tersebar di 351 TPS, 160 desa, 5 kelurahan dan 18 kecamatan.

Pilkada Bone Bolango diikuti oleh empat pasangan calon.*

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020