Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Gorontalo bersiaga selama libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) untuk mengamankan dan memberi rasa aman kepada masyarakat.

Kepala Kantor Basarnas Gorontalo I Made Junetra di Gorontalo, Jumat, mengatakan pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2021 akan dimulai dari tanggal 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

"Semua petugas Siaga SAR Khusus Nataru ini akan aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait, menjaga nama baik organisasi, ikuti prosedur yang ada," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa Basarnas akan bekerja secara profesional, sinergi dan militan, serta utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi petugas dan masyarakat serta jangan kendor dengan protokol kesehatan terkait pandemi COVID-19.

"Hal lain yang perlu diperhatikan adalah performance petugas Basarnas dan alut (alat utama), kesiapan dan kebersihan kendaraan serta peralatannya. Ini merupakan salah satu faktor yang menunjang kewibawaan dan performance Basarnas, sehingga lebih meyakinkan penilaian masyarakat terhadap kesiapsiagaan pelayanan SAR," bebernya.

I Made menjelaskan jika personil Basarnas Gorontalo yang diterjunkan dalam penanganan Siaga Nataru pada tahun ini sebanyak 35 personil rescuer dan 14 personil ABK.

Para personil akan ditempatkan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, Pos SAR Marisa, Pos Sar Kwandang dan Titik fokus siaga pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya di mana berkonsentrasi pada transportasi mudik Nataru, seperti Bandar udara Djalaludin Tantu, Pelabuhan penyeberangan Gorontalo dan tempat wisata.

"Sementara untuk Pos SAR tetap mengarah ke tempat titik-titik keramaian saat arus mudik Nataru serta didukung oleh alut dan palsar yaitu Kn. SAR 226 SAMBA, RB 210 Gorontalo, RIB 01, RIB 02 Kwandang, R perahu karet serta peralatan evakuasi yang selalu siap 1x24 jam dalam penanganan jika sewaktu-waktu terjadi musibah," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020