Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Gorontalo memaparkan strategi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di daerah itu.

Kepala BNNP Gorontalo Wisnu Andayana di Gorontalo, Selasa, mengatakan strategi tersebut yaitu keseimbangan penanganan antara pengurangan pasokan dan permintaan.

"Kita harus memutus mata rantai pemasok narkoba mulai dari produsen sampai pada jaringan pengedarnya serta memutus mata rantai para pengguna narkoba," ucapnya.

Strategi P4GN melalui pengurangan pasokan, yaitu memberantas jaringan peredaran gelap narkotika, melakukan kerja sama, memperkuat interdiksi mencegah masuknya narkotika dan membuat miskin jaringan dan sindikat narkoba.

Strategi P4GN melalui pengurangan permintaan yaitu pencegahan penyalahgunaan narkotika kepada masyarakat, yaitu advokasi dan diseminasi informasi, pemberdayaan masyarakat dalam P4GN.

"Serta mendorong masyarakat untuk melaksanakan pemulihan berbasis masyarakat dan melakukan rehabilitasi medis dan sosial serta pascarehab," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020