Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara di Provinsi Gorontalo menyalurkan bantuan bagi warga lima desa yang terdampak banjir di Kecamatan Biau.

"Warga di lima desa terdampak banjir pada Senin (21/12) di Kecamatan Biau perlu mendapatkan dukungan bantuan maka kami menyalurkannya meski disadari bantuan tersebut tidak menyelesaikan masalah banjir yang melanda," kata Sekretaris Daerah Gorontalo Utara Ridwan Yasin di Gorontalo, Kamis.

Dia mengemukakan pentingnya pemetaan daerah rawan bencana sebagai bagian dari upaya mitigasi untuk menekan dampak bencana alam serta pembangunan infrastruktur pendukung untuk meminimalkan risiko bencana.

Ridwan juga meminta aparat kecamatan dan desa untuk memantau area-area yang rawan mengalami bencana pada musim penghujan dan mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan.

Menurut dia, pemerintah daerah berupaya mendapatkan dukungan pendanaan dari pemerintah pusat dalam menjalankan upaya pencegahan dan mitigasi bencana.

"APBD kita masih berkisar Rp800 miliar per tahun dengan pembagian pembiayaan kegiatan perkantoran yang cukup banyak ditambah membiayai 123 desa, tentu tidak akan maksimal," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020