PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menyalurkan bantuan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) sebesar Rp11,96 miliar pada periode 2020.

"Total bantuan TJSL yang disalurkan pada tahun lalu terbagi atas penyaluran empat program," kata Corporate Secretary PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, keempat program itu adalah program kemitraan sebesar Rp5,71 miliar, bantuan sektor pengentasan kemiskinan Rp1,05 miliar, sektor pengembangan sarana dan prasarana umum Rp728,78 juta dan bantuan sektor kesehatan sebesar Rp65,63 juta.

Selain itu, lanjut dia, tahun lalu Pelindo IV juga menyalurkan bantuan sektor bencana alam dan non bencana alam yang disebabkan oleh wabah sebesar Rp2,13 miliar.

Termasuk perusahaan milik negara ini juga menyalurkan bantuan untuk sektor sarana ibadah sebesar Rp1,66 miliar, bantuan sektor pendidikan senilai Rp445 juta dan bantuan sektor pelestarian alam sejumlah Rp168,86 juta.

Menurut Toto, bantuan program kemitraan yang disalurkan tahun lalu dalam bentuk pelatihan peningkatan kapasitas kepada mitra binaan dengan beberapa kelompok usaha atau klaster, bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

“Dalam pelatihan 'capacity building' tersebut, ada beberapa mitra binaan yang terlibat dengan beberapa kelompok usaha atau klaster,” ujarnya.

Dia menyebutkan, total bantuan program kemitraan yang diserap mitra binaan untuk pelatihan capacity building sebesar Rp2,15 miliar dan diberikan kepada klaster pertanian (padi) dan klaster perikanan (rumput laut dan tambak udang).

Sedangkan untuk klaster perikanan (rumput laut dan tambak udang), bantuan diberikan kepada kelompok usaha rumput laut Mandiri di Palopo, kelompok usaha rumput laut Aeng Galesong di Takalar, kelompok usaha rumput laut Betoambari di Baubau dan kelompok usaha tambak udang Anggana di Samarinda.

Pewarta: Suriani Mappong

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021