Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Senin, meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo untuk segera menyiapkan sarana prasarana dan sosialisasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

“Sesuai informasi, pertengahan Januari ini vaksin akan dibagikan. Segera siapkan wadah penyimpanannya, karena berdasarkan informasi vaksin ini harus disimpan dalam suhu delapan derajat celsius. Juga termasuk data yang akan divaksin pertama,” katanya di Gorontalo.

Idris menambahkan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 juga harus segera disosialisasikan kepada masyarakat.

Menurutnya sosialisasi bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat, agar masyarakat tidak ragu menerima vaksin tersebut.

“Yang sangat penting adalah sosialisasinya kepada masyarakat, karena pasti akan ada pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat. Kalau perlu sosialisasinya sampai ke warung-warung kopi,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan wadah yang bisa memastikan agar vaksin COVID-19 tetap terjaga.

Yana menambahkan, rantai dingin vaksin harus terjamin karena vaksin membutuhkan suhu spesifik antara dua sampai delapan derajat celsius.

“Rantai dinginnya kita jamin agar pada saat penyutikan kepada sasaran dipastikan vaksinya dalam keadaan baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pendataan penerima vaksin.

Berdasarkan arahan dari pemerintah pusat, sasaran pertama vaksin COVID-19 adalah tenaga kesehatan, setelah itu pekerja pelayanan publik lainnya.

“Sambil menyiapkan tenaga, kami masih menunggu berapa jumlah vaksin yang akan dikirim dan kapan waktu pelaksanaannya. Kami juga akan melakukan sosialisasi, karena banyak masyarakat yang belum mengetahui pentingnya vaksin ini,” tukasnya

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021