Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo telah menyiapkan lahan seluas tiga hektare untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama.

"Luas lahannya mencapai tiga hektare. Rencananya dibangun di Desa Tolinggula Pantai, Kecamatan Tolinggula atau di wilayah perbatasan bagian barat kabupaten ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune, di Gorontalo, Kamis.

Pembangunan RS Pratama yang memang dikhususkan untuk wilayah perbatasan tersebut, direncanakan dimulai pada Tahun Anggaran 2022.

Pemerintah kabupaten tersebut mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp45 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Pemenuhan dokumen untuk keperluan pembangunan itu sudah dilakukan.

"Saya mengantarkannya langsung ke Kementerian Kesehatan dengan harapan pembangunan rumah sakit ini terlaksana dengan baik sesuai tahapan yang ditetapkan," ujarnya.

Rizal mengatakan jarak tempuh dari wilayah perbatasan tersebut ke rumah sakit yang ada di pusat kabupaten mencapai 4,5 jam.

Kondisi itu pun harus melalui medan yang berat atau berbukit dan berkelok, membuat keberadaan RS Pratama diharapkan di wilayah perbatasan tersebut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021