Pengamat politik di Provinsi Gorontalo, Saiful Karim, Sabtu, mengatakan dua wakil bupati (wabup) perempuan di daerah itu, menjadi warna baru di pemerintahan daerah.

Suharsi Igirisa, Wabup Pohuwato dan Merlan Uloli, Wabup Kabupaten Bone Bolango, resmi menjabat pascadilantik Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di rumah dinas jabatan pada Jumat (26/2/2021).

"Keduanya menjadi pioner wakil kepala daerah pertama dari kaum perempuan," kata Saiful.

Tentu banyak harapan yang digantungkan para pemilihnya agar kiprah pemimpin perempuan mampu menunjukkan kinerja terbaiknya.

Tidak hanya menoreh sejarah sebagai wabup perempuan pertama di Gorontalo, namun keduanya diharapkan langsung tancap gas berduet dengan bupati masing-masing dalam mewujudkan pemerintahan daerah dan pembangunan sesuai mimpi-mimpi indah rakyatnya.

Suharsi dan Merlan pun harus dapat menunjukkan kinerja terbaiknya, sebab tidak mudah menumbuhkan kepercayaan rakyat atau pemilih untuk memilih pemimpin perempuan di daerah ini.

"Jika sudah bekerja, harus mampu optimal agar kepercayaan terhadap kepemimpinan perempuan dapat berkesinambungan. Ke depan, tidak hanya wabup namun perempuan sangat berpeluang menjabat bupati bahkan gubernur di Gorontalo," katanya.

Perlu ada langkah produktif dan inovatif yang mampu dibuktikan kepada rakyat masing-masing bahwa wabup perempuan dalam mendampingi bupati laki-laki, dapat bekerja optimal khususnya semakin mempertajam program visi dan misi untuk membangun wilayahnya.

"Saya pribadi mengucapkan selamat dan optimistis keduanya mampu menunjukkan performa terbaiknya membangun daerah," imbuhnya.

Suharsi Igirisa menjabat wabup mendampingi Bupati Pohuwato Saiful Mbuinga. Sementara Merlan Uloli mendampingi Bupati Bone Bolango Hamim Pou, untuk periode kepemimpinan 2021-2024.***
 Wabup Bone Bolango, Merlan Uloli usai dilantik di rumah jabatan gubernur. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021