Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo melakukan monitoring pelaksanaan program Kampung Tangguh yang telah diluncurkan pemerintah terkait dengan penanganan pandemi COVID-19.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo A.W. Thalib di Gorontalo, Minggu, mengatakan pihaknya telah mengunjungi Desa Monano, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango untuk memastikan program tersebut berjalan baik.

"Kami ingin memantau langsung penerapan Kampung Tangguh, terutama aktivitas dan kegiatan masyarakat dengan selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan, yakni selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” kata dia.

Ia menjelaskan salah satu tujuan program Kampung atau Desa Tangguh agar segala aktivitas masyarakat berjalan sesuai ketentuan di tengah pandemi COVID-19 sehingga penularan virus tersebut dapat ditekan.

“Alhamdulillah dari pengamatan kami di lapangan serta mendengar penjelasan dari aparat desa, warga desa sudah mulai disiplin protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari dan pada kegiatan tertentu,” katanya.

Ia berharap, kebiasaan masyarakat yang sudah disiplin bisa terus terjaga, bahkan meningkat sehingga desa tersebut menjadi kampung yang tangguh dari pandemi penyakit.

“Kami juga meminta peran dari aparat desa, babinsa, dan bhabinkamtibmas setiap saat dan rutin tetap melakukan pengawasan dan monitoring agar masyarakat makin patuh dengan ketentuan dalam prokes. Apalagi selama Bulan Ramadhan nanti akan banyak kegiatan," katanya.

Sekretaris Desa Monano Sri Yonang Botutihe menjelaskan sejak Kampung Tangguh dicanangkan, tingkat disiplin masyarakat dari waktu ke waktu terus meningkat.

Warga setempat, katanya, mulai terbiasa untuk taat terhadap prokes, baik dalam aktivitas sehari-hari maupun pada kegiatan lainnya.

“Mereka selalu memakai masker setiap keluar rumah, cuci tangan, dan jaga jarak termasuk juga pada kegiatan lainnya seperti pesta,” kata dia.

Peran babinsa dan bhabinkamtibmas, kata dia, juga membantu tugas aparat desa, terutama mengawasi masyarakat yang berasal dari luar desa.

Sri Yonang mengharapkan vaksinasi COVID-19 di Desa Monano sudah dimulai dari aparat desa dan akan sampai pada masyarakat.

“Kami aparat desa tinggal menunggu vaksin yang kedua dan untuk masyarakat menunggu jadwal karena datanya sudah kami masukkan untuk kegiatan vaksinasi di Puskemas Bone,” katanya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021