Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Enam pasangan bakal calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) di Kabupaten Bone Bolango, menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Kota Gorontalo, Kamis.

Proses pemeriksaan kesehatan ini sebagai salah satu syarat yang harus diikuti semua cabup/cawabup pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember 2015.

"Saat ini tim kami sedang melakukan tes kesehatan cabup/cawabup Bone Bolango," kata Ketua tim pemeriksa kesehatan dr. Irianto Dunda.

Ke enam pasangan tersebut adalah Syamsir Djafar Kiayi-Husain Lamanasa dan Ruwaida Mile-Benjamin Hadju dari calon perseorangan.

Kemudian pasangan Hamim Pou-Kilat Wartabone, Indrawanto Hasan-Ahmad Tahidji, Azan Piola-Syamsu Botutihe dan Kris Wartabone-Tahir Badu dari usungan partai politik.

Dalam pemeriksaan ini, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Gorontalo sebagai pihak yang ditunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango telah membentuk dua tim, yaitu tim pemeriksa kesehatan jasmani dan rohani.

Dia juga menambahkan, untuk pemeriksaan kesehatan rohani, telah dibentuk tim khusus yang diketuai spesialis psikiater, di mana dalam pelaksanaan nanti ada tes wawancara terhadap masing-masing calon.

"Begitu juga pemeriksaan jasmani oleh dokter spesialis, gabungan antara tim dokter dari RSAS dan dokter dari Rumah Sakit Toto," ungkapnya.

Sejauh ini, lanjut dr Irianto, meskipun waktu yang diberikan tiga hari, sejauh ini tidak ada kendala, sebab pihak IDI Kota Gorontalo sudah beberapa kali menangani pemeriksaan calon kepala daerah dari beberapa pemilihan di Gorontalo.

"Ada 20 dokter spesialis yang dilibatkan pada pemeriksaan ini," tambahnya.

Terkait dengan hasil pemeriksaan, sebisa mungkin akan diserahkan pada tanggal 1 Agustus 2015 ke KPU Bone Bolango, secara tertutup tanpa diketahui oleh masing-masing pasangan calon.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015