Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Untuk memaksimalkan verifikasi faktual berkas perbaikan syarat pencalonan pasangan perseorangan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo bekali Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melalui bimbingan teknis (bimtek) penelitian dokumen tersebut.

"Mengingat pentingnya pemahaman akan tata cara verifikasi dukungan calon, maka kami membekali lagi semua PPK di Kabupaten Gorontalo," kata Anggota KPU bidang Divisi Sosialisasi Kabupaten Gorontalo, Iwan Usman, Selasa.

KPU memberikan penjelasan terkait mana dukungan yang memenuhi syarat dan mana tidak memenuhi syarat, selain itu mereka juga diberi penjelasan tata cara kerja lapangan dan pembagian kerja, sehingga hasilnya bisa maksimal.

Setelah semua PPK ini diberikan pemahaman, saat ini juga PPK akan menyerahkan dokumen perbaikan syarat calon tersebut, ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Desa.

"Sehingga sesuai tahapan tanggal 12-14 Agustus 2015, PPS sudah mulai melakukan verifikasi faktual di lapangan," ujar Iwan Usman.

Terkait pelaksanaan di lapangan, Lanjut Iwan bahwa, KPU Kabupaten Gorontalo akan melakukan monitoring saat proses verifikasi berjalan, di mana setiap komisioner sudah ada tanggungjawab di wilayahnya masing-masing, yang dibagi dalam lima daerah pemilihan (Dapil).

Besar kemungkinan mereka akan kerja hingga malam hari di lokasi pelaksanaan verifikasi, meskipun pelaksanaan verifikasinya secara kolektif, sebab masih ada sekitar hampir 70 Ribu lebih KTP perbaikan yang tersebar di 19 Kecamatan yang diserahkan dua pasangan calon dari perseorangan.

Selanjutnya, hasil verifikasi faktual ini akan direkapitulasi di tingkat kecamatan mulai 18-19 Agutus 2015, dan rekapitulasi di tingkat Kabupaten 20-21 Agustus 2015.

Sebanyak lima pasangan Cabup/Cawabup telah mendaftar dan menyerahkan syarat dukungan ke KPU Kabupaten Gorontalo, tiga pasangan calon diusung partai politik yaitu Rustam Akili-Anas Jusuf, Tonny Junus-Sofyan Puhi dan pasangan Nelson Pomalingo-Fadly Hasan.

Sementara dua pasangan lainya lewat jalur perseorangan yaitu, pasangan Sukri Moonti-Sri Darsianti Tuna dan pasangan Zukri Harmain-Dudi Suganda Daud.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015